BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, TANJUNGPINANG-Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang, Kepri berhasil menangkap Kapal Motor (KM) Tanker Vier Harmoni, Rabu (24/8/2016) lalu.

Penangkapan dilakukan disekitar perairan Pulau Dato, sekitar Alimantan Bagian Barat (Kalbar). Penangkapan itu sendiri dilaukan Tim Western Fleet Quick Respons (WFQR) di bawah komando Laksma TNI Irawan, MT Vier Harmoni yang ditangkap di perairan Pulau Dato itu, langsung diamankan.

Penangkapan ini berawal, sejak adanya informasi mengenai sebuah kapal tanker milik PT Vierlines yang memuat 900.000 solar dilarikan ABK nya ke Batam.

Kepala Satuan Angktan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, mendengar hal itu langsung memberi instruksi untuk menindaklanjuti pencarian segera mungkin.

Atas instruksi itu, WFQR-4 Lantamal IV di bawah Danlantamal IV Tanjungpinang langsung bergerak.

“Melakukan pencarian terhadap keberadaan kapal tersebut dengan mengerahkan unsur KRI yang didukung helikopter BO 105 NV 409 dan pesawat intan maritim CN 235 P861,” sebut Puspen TNI AL, dalam rilis yang diterima tim Central Batam, Kamis (25/8/2016).

“Perburuan yang dilakukan non stop siang-malam oleh tim WFQR-4 tersebut, akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukannya keberadaan MT Vier Harmoni yang tengah berlayar di perairan Kalimantan Barat,” lanjutnya.

Setelah berhasil ditangkap, kapal tersebut selanjutnya diamankan serta dikawal menuju Pelabuhan Tanjung Pinang. Di sana akan dilakukan penyidikan lebih lanjut.

“Diperkirakan MT Vier Harmoni akan tiba siang ini,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kapal tanker minyak asal Malaysia telah dibajak dan dibawa ke perairan Indonesia. Otoritas Malaysia menyatakan kapal tanker tersebut mengangkut 900.000 liter solar.

Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) menyatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (17/8/2016), kapal bernama Vier Harmoni tersebut kini berada di perairan Batam.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY