BERBAGI
Setianus Zai

CENTRALBATAM.CO.ID,BINTAN –Berbagai kegiatan menarik dilakukan oleh pihak sekolah pada saat memasuki hari pertama sekolah. Sekolah Dasar (SD) 002 Kawal misalnya menggunakan masa perkenalan siswa (orientasi) sekolah untuk memilih pengurus kelas.

Didalam ruang kelas berukuran 9X8 Meter duduk 31 siswa kelas 4 SD yang baru saja naik kelas. Setelah beberapa lama menunggu, sang guru Aljabir bertanya kepada murid siapa ketua kelas yang di sukai.

Setelah mendapatkan beberapa calon yang disebut oleh kelompok murid, Aljabir mengatakan akan dipilih melalui suara terbanyak. Hal ini dilakukan guna mengajar anak didik mengenal system Demokrasi.

“Baik, nanti habis istrahat akan kita lanjutkan lakukan pengumpulan suara. Nanti siapa yang mendapat suara terbanyak diantara, Hendrik, Thew dan Serly akan menjadi ketua selama 1 tahun,”ujar sang guru dihadapan muridnya di kelas 4 SD 002 Bintan, kelurahan Kawal, kecamatan Gunungkijang.

Jika di SD 002 memilih hari pertama untuk menentukan siapa ketua kelas, SD 007 Bintan justru mendidik muridnya bekerjasama (gontongroyong) mengangkat meja bantuan dari Dinas Pendidikan Propinsi Kepri.

“Kalau dihari pertama, kebetulan kami dapat bantuan meja dari Propinsi. Hari ini kami bersama siswa angkat-angka meja ini untuk dirapikan dalam kelas,”ujar Kepala SD 007 Bintan.

Setianus Zai
Murid Siswa SD 007 Goro angkat Meja bantuan dari Propinsi

Untuk memantau situasi hari pertama disetiap sekolah, Bupati dan Wakil Bupati, Bintan (Apri-Dalmasri) mengikuti upacara bendera di SMA Negeri 5 Bintan.

Dalam sambutannya dihapan para siswa SMA, Bupati berpesan agar siswa displin. Menurut Apri, kedispilinan adalah salah satu kunci dari keberhasilan meraih cita-cita.

“Sala satu kunci kunci keberhasilan adalah displin dalam berbagai hal, seperti displin masuk sekolah, displin dalam pelajaran dan displin dalam belajar. Jika adik-adik semua bias memiliki sikap yang displin, maka saya percaya kalian semua akan berhasil,”pungkasnya.

Penulis :Setianus Zai

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan