BERBAGI
Bupati Bintan bersama EO dan Management kawasan wisata lagoi memberi keterangan pers

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Pemkab Bintan kembali sukses menggelar Event olah raga dunia Bintan Triathlon 2018. Event yang diselenggarakan di Area Nirwana Gardens Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepri, Sabtu (12/5/2018) itu setidaknya diikuti oleh 1.300 atlet dari 49 Negara.

Ajang olahraga kelas dunia ini sudah 14 kali digelar dengan memadukan tiga cabang olahraga sekaligus. Mulai dari estape berenang, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda dan berlanjut berlari mengelilingi Kawasan Pariwisata Lagoi.

Jika dibandingkan jumlah peserta pada tahun 2017 dengan tahun 2018, jumlah peserta naik sebanyak 15 persen. Sebab, jika pada tahun 2017 hanya diikuti oleh sekitar 700 peserta, dan tahun ini meningkat tajam dengan total peserta 1.300.

Ratusan atlet dari berbagai Negara sedang menunggu aba-aba untuk start

Selain dari peserta, sebanyak 4000 turis asing langsung berbondong-bondong memenuhi kawasan wisata Lagoi. Sehingga kondisi kamar saat itu penuh.

Kenaikan signifikasi atas jumlah peserta ini tidak lain karena keberhasilan Pemkab Bintan menyukseskan berbagai event olah raga dunia dari tahun-tahun sebelumnya.

”Tahun ini kita mencatat rekor dengan jumlah peserta diikuti sekitar 1.300 peserta dari 49 negara. Mereka akan mengikuti berbagai lomba dari12-13 Mei 2018,” ujar Apri dalam sambutanya dengan bangga pada pers konferens.

Pertandingan ini dibagi dalam 5 kategori yaitu Olympic Distance meliputi estape berenang sepanjang 1,5 Kilometer, bersepeda sejauh 40 Kilometer, dan berlari sejauh 10 Kilometer. Kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer dan berlari sejauh 5 kilometer.

Kemudian, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer dan berlari sejauh 3 kilometer dan Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Para Atlet langsung berlomba usai Flag off ole Bupati Bintan, Apri Sujadi

Jika pada tahun-tahun sebelumnya peringkat 1 diberbagai lomba selalu dimenangkan oleh turis asing. Kali ini, Atlet Indonesia, Andy Wibowo berhasil menjadi triatle tercepat dalam Event Triathlon Bintan 2018 Kategori Olympic Distance Men.

Kemudian di posisi kedua berhasil diraih atlet asal Inggris, James Middleditch. Dan diposisi ketiga disabet oleh atlet asal Irlandia, Liam Winston.

Sementara, Kategori Olympic Distance Women berhasil diraih oleh atlet asal Jerman, Jennifer Zenker. Kemudian posisi kedua  Inge Prasetyo. Selanjut atlet asal perancis menempati posisi ke 3 yakni Charlotte Henry.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, selain Andy Indonesia juga menurunkan atlet nasional lainnya yaitu Eva Desiana. Namun atlet pelari yang akan mengikuti Asean Games ini hanya berhasil duduk di posisi ke empat dalam kategori yang sama.

Melalui event olah raga dunia atau yang dikenal dengan istilah Sport Tourism ini, Luki yakin posisi Bintan sebagai salah satu destinasi wisatawan semakin kokoh. (Ndn).

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY