BERBAGI
Wakil Bupati (Kiri) bersama ketua BPBD Bintan, Patimura

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Menyingkapi berbagai bencana alam yang menimpa masyarakat di Bintan dan sekitarnya membuat Pemkab Bintan berupaya mencarikan solusi.

Salah satu solusi yang digagas adalah dengan membentuk Tim Respon Cepat (TRC). Dimana tim ini nantinya akan bertugas khusus menangani berbagai bencana alam seperti Kebakaran dan kebakaran hutan, serta bencana alam dilaut.

“Kedepan akan kita bentuk TRC yang tugasnya khusus merespon setiap bencana alam. Sehingga korban dari bencana alam di Bintan ini dapat di minimalisir,”ujar Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Selasa (23/82016).

Dikatakannya, pembentukan tim ini merupakan ide pertama yang dicetuskan untuk di wilayah Kepri. Meskipun dalam kelembagaan secara hukum Pemkab sudah memiliki Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Bintan, namun tim tersebut tetap bekerja dibawah kendali pihak BPBD. Ia menyebutkan, dalam tim penanganan khusus kebakaran itu nantinya akan beranggotakan jajaran TNI, Polri, Pemda, Kecamatan serta pihak swasta.

“Pihak swasta juga kita undang dari pihak PT BRC dan Bintan Inti karena memiliki lahan yang luas, jadi mesti dilibatkan. Semua lintas sektoral mendukung terbentuknya tim ini,” katanya.

Ditanya kapan tim akan terbentuk, Dalmasri mengatakan secepat mungkin. Sebab semakin cepat dibentuk semakin bagus agar setiap bencana yang terjadi tidak mengalami banyak kerugian.

Penulis : Setianus Zai

 

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY