Pemenang Pilkades Numbing Tak Dilantik, Ini Penyebabnya

Pemenang Pilkades Numbing Tak Dilantik, Ini Penyebabnya

0
BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN -Beberapa hari terakhir masyarakat Desa Numbing, kecamatan Bintan Pesisir mempermasalahkan alasan Bupati Bintan, Apri Sujadi tidak melantik pemenang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) April 2016 lalu. Berdasarkan perolehan suara saat itu, Gunawan (504 suara) menang tipis dari Sebastian Lohor (501 suara).

Gunawan yang merupakan salah satu kader Partai Demokrat (PD) dengan jabatan Sekretaris itu tidak dilantik oleh Apri sebagai Kepala Desa (Kades) meskipun unggul dibanding Sebastian. Hal ini kemudian diprotes oleh sebagian kecil pendukung Gunawan.

Menanggapi protes ini, Bupati menjelaskan alasan dia melantik Sebastian karena posisi Gunawan sebagai masih merupakan kader PD untuk DPCNdi Bintan Pesisir. Ia mengatakan, pihaknya sebenarnya diuntungkan kalau melantik Gunawan sebagai Kades. Namun karena bertentangan dengan  Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 1 tahun 2015 Pasal 22 poin N, ia memilih melantik Sebastian yang merupakan pemegang suara terbanyak ke 2.

“Kalau bicara jujur, harusnya saya untung loh kalau melantik Gunawan karena dia adalah Kader Partai. Tapi saya tidak mau demi menegakan peraturan itu. Saya ini ingin berada pada jalur yang benar, makanya saya lebih memilih mementing kepentingan undang-undang dibanding kepentingan politik,” ujar Apri ditemui dikantornya, Senin (24/10/2016).

“Karena bunyi Perbub itu mengatakan Kades tidak boleh terdaftar sebagai pengurus partai! Nah saya ini orang Demokrat, dan ketika saya melihat Gunawan ini masih kader kami saya tidak melantiknya demi pengakan perbub sendiri,” tegasnya lagi.

Alasan Perbub itu tidak memperbolehkan pengurus partai duduk di kursi Kades ini karena dikhawtirkan saat menjadi Kades lebih mementingkan kepentingan politik dibanding melayani masyarakan. Untuk itu Apri menegaskan demi mewujudkan Bintan Gemilang, pihaknya melantik Sebastian yang merupakan non partai. Sehingga cita-citanya membangun Bintan Gemilang dapat tercapai.

Ditempat terpisah, Anggota KPUD Bintan, Sugianto, saat dikonfirmasi mengatakan  tanggal 16 Mei 2016 KPUD Bintan ia telah mendapat surat dari Panitia Pilkades Kabupaten Bintan terkait Informasi Daftar Pengurus Partai Politik. Berdasarkan surat itu, Gunawan masih status pengurus PD. Untuk itu, ia mengatakan, Bupati Bintan dalam hal ini melantik Kades sudah susai prosuder jika berpatokan pada Perbub yang dimaksud.

“Saat itu dan bahkan hingga saat ini data di KPUD Bintan masih menyatakan bahwa saudara Gunawan merupakan Sekretaris DPAC Partai Demokrat Kabupaten Bintan sesuai dengan SK DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri Nomor:023/SK/DPD.PD/DPAC/VIII/2012 Tentang Sususnan Kepengurusan DPAC Partai Demokrat Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau Masa Bakti 2012-2017,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan, Roy Oktaviano, Koordinator BP OKK DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri yang mengatakan bahwa, “ Untuk pengunduran diri, harus melalui mekanisme partai. Sesuai dengan PO dan AD/ART partai Demokrat. Sesuai dengan ART pasal 68 poin c, pemberhentian DPAC melalui rapat pleno DPAC yang nantinya menjadi dasar DPD untuk meneruskan.

Namun sampai saat ini ia mengaku DPD tidak pernah menerima laporan dari DPAC terkait pengunduran diri Gunawan, bahkan katanya Gunawan juga tidak pernah berkoordinasi dengan DPD terkait pengunduran dirinya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY