BERBAGI
Table jumlah kunjungan Wisman di Indonesia.

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN -Berdasarkan data International Visitor arrivals by port of Entry and Nasional January -Ocktober 2016, Bintan menduduki urutan 4 besar pintu masuk bagi Wisatawan Manca Negara (Wisman), untuk wilayah Indonesia. Selama periode January hingga Oktober 2016, tercatat sebanyak 253,687 wisman masuk ke Indonesia melalui pelabuhan di Bintan.

Bali yang dikenal dengan sebutan pulau Dewata menduduki peringkat pertama dengan total kunjungan 4,046,310 wisman melalui pintu masuk Bandara Ngurai. Kemudian  Jakarta menduduki peringkat kedua dengan jumlah kunjungan sebanyak 2,167,070 wisman melalui Bandara Sukarno Hatta. Kemudian diurutan ke 3 ditempati oleh Batam dengan jumlah kunjungan 1,232,830 wisman.

Jumlah kunjungan wisman ini bersumber dari Badan Statistik Nasional bekerjasama dengan direktoral jendral imigrasi (yang diproses oleh Assitent Deputy Pengembangan pariwisata, di Kementrian Pariwisata RI). Jumlah kunjungan ini diambil dari seluruh Bandara, Pelabuhan, dan Darat yang ada diseluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan dirinya bersyukur karena Binta kembali menduduki peringkat 4 nasional sebagai pintu masuk terbesar bagi wisman. Ia pun yakin jumlah kunjungan wisman ke Bintan bakal terus meningkat sehubungan dengan adanya rute penerbangan baru China-Tanjungpinang.

“Kemungkinan besar jumlah keunjungan wisman ke Bintan akan terus bertambah. Apalagi dengan adanya rute penerbangan baru China-Tanjungpinang,” ujar Luki, Senin (19/12/2016).

Luki yakin jika jumlah kunjungan wisman terus bertambah di Bintan, pasti akan membawa banyak dampak positif. Salah satu dampak positif itu kata Luki, adalah meningkatnya PAD Bintan dan kesejahteraan buat masyarakat Bintan.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY