BERBAGI
Perwakilan dari Kementrian pariwisata (Pakai Jilbab) duduk bersama Wakil Bupati, GM Lagoi bay, kadispar Bintan dan 2 Legenda Ironman

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Bicara masalah keindahan alam dan keramah tamahan, bisa dibilang Bintan ada pada garis depan dimata para wisatawan manca Negara. Selain itu, kedekatan jarak antara Bintan dengan dua Negara tetangga yakni Singapore dan Malaysia membuat sejumlah turis asing tidak punya alasan untuk tidak datang ke Bintan.

“Alasan utama kami datang ke Bintan adalah karena keindahaan alamnya. Selain itu, masyarakat Bintan sangat ramah dan murah senyum membuat kami sangat nyaman berada disini,” demikian pernyataan salah satu peserta asal Austarlia, Courtney Ogden bersama istri tercintanya Raija saat ditemui di Lagoi bay, Sabtu (27/8/2016).

Diceritakan Ogden, awalnya mereka berdua tidak pernah tahu Bintan. Namun setelah mengikuti Ironman tahun lalu, ia bersama istri menyadari bahwa di Indonesia masih ada surga lain selain Bali. Karena itu, dirinya merasa merasa rugi jika setiap event yang diadakan di Bintan tidak diikutinya.

“Saya salah adalah salah satu pemenang pada Ironman tahun lalu. Meskipun kali ini tidak yakin akan menang, tapi tujuan kami datang ke Bintan adalah ingin merasakan keramah-tamahan masyarakat sekitar dan juga pemandangan alam Bintan yang tergolong langka,” akunya.

Ketidak yakinan ini disampaikan Ogden karena sejak dirinya terdaftar menjadi salah satu peserta olaharaga pariwisata dunia tersebut, tidak pernah latihan oleh karena kesibukan kerja. Meskipun demikian, ia tidak mempedulikan menang atau tidak dan juga  bisa jadi juara atau tidak. Sebab baginya bisa datang ke Bintan merupakan suatu anugrah.

“Kalau saya tidak datang ke Bintan pasti saya sangat menyesal. Karena pelayanan yang diberikan oleh beberapa hotel di Kawasan Lagoi ini sangat fantastic. Dan belum lagi keindahan alamnya seperti yang saya bilang luar biasa indah,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Legenda Ironman asal New Zealand, Camoren Brown yang mengaku ingin berpartisipasi dalam Ironman 70,3 karena keindahan alam Bintan Resorts dan sekitarnya. Selain itu, ia juga mengakui bahwa masyarakat Bintan sangat yang ramah membuat dirinya seakan berada dirumah sendiri.

“Saya ikut dalam ajang olah raga wisata dunia ini setelah saya menyaksikan keindahan dan keramah-tamahan Bintan yang luar biasa saat pertama kali berkujung kesini,”ujar sang Lengenda tampan itu.

Sementara itu, Perwakilan dari Kementri pariwisata RI, Rizky Handayani dalam konferensi perss juga mengatakan hal yang sama. Dikatakannya, keindahan Bintan tidak kalah jauh dengan daerah pariwisata seperti Bali. Namun karena selama ini kurangnya kegiatan yang bersifat promosi membuat Bintan selama ini kurang dikenal.

“Tapi kita wajib bersyukur, sebab selama diadakan event-event olahraga wisata ini membuat Bintan masuk dalam peta dunia khusus dibidang pariwisata. Karena itu, setiap agenda olahraga wisata seperti ini telah kita memasukan dalam kalender nasional,” jelas wanita yang murah senyum ini.

Lebih lanjut dikatakannya, Brand positioning (icon) Bintan sebagai wisata olahraga harus diterus diupayakan melalui event-event olaharaga dunia. Sehingga masyarakat Bintan kedepan menjadi lebih terkenal lagi.

Untuk membentuk sebuah Brand memang tidak mudah. Namun hal ini bukan tidak mungkin mengingat perhatian pemerintah pusat terhadap perkembangan pariwisata sangat tinggi. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan tingkatkannya event yang bersifat olahraga wisata dunia.

“Suatu merk (brand) tidak akan mudah dikenal oleh masayarakat luas tanpa sering menyebutnya. Dan seperti kita lihat dari pengakuan para peserta tadi yang mengatakan mereka datang kembali ke Bintan karena pernah melihat sendiri keindahan Bintan,” ujarnya.

Masih lanjutnya, karena itu, pihaknya akan berupaya mengadakan berbagai event olaraga lain supaya terbentuk sebuah image dibenak wisatawan. Sebab hal ini dapat membentuk sebuah positioning dipikiran masyarakat yang pada intinya, wisatawan ingat olahraga pasti ingat Bintan.

“Jadi semakin sering wisatawan disungguhkan event seperti ini semakin menguatkan nama Bintan dipikiran mereka. Karena jika ingin berolahraga sambil berlibur maka mereka pastinya ingat Bintan. Dan hal ini lah yang akan terus kita lakukan kedepannnya,” tuturnya.

Karena itu, ia berjanji akan membantu dan terus mendukung pihak Lagoi bersama Pemkab Bintan dalam menyukseskan berbagai olahraga wisata dunia. Sebab salah satu industry yang sumber dayanya tidak pernah habis adalah industry pariwisata.

Penulis : Setianus Zai

 

 

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY