BERBAGI
Lurah Gununglengkuas, Iwan Golar

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN – Setiap kalai musim hujan, wilayah Gununglengkuas seringkali dilanda banjir. Ini penjelasan Lurah, Gunung Lengkuas Ivan Golar Riady menyatakan, penanganan banjir di wilayahnya membutuhkan kajian ahli.

Ia menjelaskan, penyebab banjir di areanya berbeda dengan daerah daerah lainnya di Bintan. Di Gunung Lengkuas, banjir disebabkan topografi (keadaan wilayah) yang rendah. Ketika curah hujan tinggi, air mengalir dari dataran tinggi menuju dataran rendah.

“Kebetulan, pemukiman warga di wilayah kami berada di dataran rendah. Hal iji lah yang membuatnya sangat rawan banjir,”ujarnya pada awak media di temui di Pasar Tanim Toapaya, Jumat (2/12/2016).

Ia menambahkan di pemukiman air berkumpul menciptakan genangan dalam kemudian banjir. Lalu mengumpul dan tak kemana mana lagi. Menurutnya perlu ahli khusus untuk merancang sebuah bendungan untuk menampung air.

“Banjir ini menurut saya baru bisa diatasi apabali ada bendungan. Kemudian kalau ada bendungan itu nantinya kan dapat banyak manfaat juga,” tungkasnya.

Sementara untuk membuat bendungan ini, ia mengaku tidak bisa memberikan komentar banyak. Pasalnya ia tidak memiliki keahlian dalam bidang itu.

“Tapi saya yakin bendungan dapay menghentikan banjir itu,” pungkasnya.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY