BERBAGI
Petugas Pelabuhan mengarahkan penumpang yang akan menjalankan perjalanan arus mudik saat naik ke atas kapal | Foto Cr1

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siagakan empat kapal perintis untuk melayani mudik warga Bintan dan Tanjungpinang.

Keempat kapal perintis ini akan melayani masyarakat ke Wilayah Indonesia Tengah (WITA), Wilayah Indonesia Barat (WIB) serta Wilayah Indonesia Timur (WIT) dari Pelabuhan Sribayintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim) selama bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri.

“Ada empat Kapal penumpang milik PT Pelni telah disiagakan mengangkut pemudik di Pelabuhan Sribintan ini dan kita pastikan layak belayar. Karena kesemua kapal sudah kami cek serta tes, sehingga kami yakin empat kapal perintis siap layani mudik lebaran di tahun ini,” ujar KSOP Kijang, Sanggang disela-sela pelaksanaan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Sri Bayintan, Kamis (23/6/2016) malam.

Lebih lanjut dikatakan, untuk pengecekkan, pemeriksaan, dan pengetesan yang dilakukannya, sudah sesuai dengan atruran kelegalan maupun kelayakan belayarnya (marine specter).

“Diantaranya uji kelayakan mesin kapal, peralatan navigasi, perlengkapan keselamatan dan keamanan serta kondisi kapal,”sebutnya.

Selain itu, ia menjanjikan keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang kapal selama belayar dengan kapal perintis milik PT Pelni. Dengan memastikan, tidak ada pungli dalam pembelian tiket kemudian juga tidak dibenarkan adanya penjualan alas tempat tidur baik itu tikar, kasur dan bantal. Karena semua faslitas di dalam kapal disediakan secara gratis.

“Ada dispensasi saat ini untuk menambahkan jumlah penumpang namun tidak lebihi kapasitas kapal. Jadi penumpang dipastikan bisa berangkat semua menuju kampung halamannya. Bahkan kita pastikan tak ada yang namanya jual tempat tidur, kamar dan lain sebagainya. Jika ada laporkan saja ke PT Pelni maupun KSOP,” ungkapnya.

 

Penulis : Setianus Zai

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY