BERBAGI
The New Toyota C-HR Hybrid | Foto : Net

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA – Kabar hangat akan peluncuran produk terbaru dari Toyota semakin menguat, pasalnya, merek terkenal asal Jepang itu kini mulai memproduksi massal crossover C-HR di Turki.

C-HR yang ada saat ini, menduduki versi hybrid. Produk ini pula yang menjadi model hybrid pertama yang diproduksi di Turki.

President and CEO Toyota Motor Eropa Van Zyl mengatakan, Toyota C-HR menjadi salah satu model yang penting bagi Toyota keseluruhan, bukan hanya Toyota Motor Manufacturing Turkey (TMMT). Sebabnya, segmen crossover di dunia tengah meningkat sehingga Toyota melahirkan crossover.

The New Toyota C-HR Hybrid | Foto : Net
The New Toyota C-HR Hybrid | Foto : Net

“Mobil ini menjadi model Toyota yang sangat kuat untuk memasuki segmen (crossover),” kata Van Zyl dikutip Carscoops, Kamis (10/11/2016).

Pabrik Toyota di Turki yang memproduksi C-HR tidak hanya untuk pasar domestik. Pabrik itu telah mengekspor sekitar 80 persen produksinya ke Eropa dan direncanakan untuk memperluas tujuan ekspor di luar Eropa seperti Amerika Serikat, Kanada, Taiwan, Mauritius dan Afrika Selatan.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. Angka itu telah meningkat dari 150.000 unit per tahun sebelumnya.

“TMMT telah menjadi salah satu pabrik terbaik secara global bertahun-tahun dalam hal kualitas, dan saya sangat yakin anggota (hasil produksi) kami melebihi harapan pelanggan kami di Amerika Utara,” ujar Dr van Zyl.

The New Toyota C-HR Hybrid | Foto : Net
The New Toyota C-HR Hybrid | Foto : Net

Sementara itu, Toyota C-HR menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) baru. Crossover ini menjadi mobil dengan TNGA pertama yang diproduksi di luar Jepang.

“TNGA adalah filosofi penciptaan kendaraan baru dan bagian dari inisiatif kami untuk membangun mobil yang selalu lebih baik. Toyota secara bertahap akan memperluas produksi kendaraan berbasis TNGA,” kata President of the Mid-size Vehicle Company Toyota Motor Corporation Moritaka Yoshida.

Toyota C-HR akan ditawarkan dengan pilihan mesin bensin 1.2 liter turbocharged bertenaga 114 daya kuda atau penggerak hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan motor listrik bertenaga 120 daya kuda. Untuk beberapa negara juga tersedia pilihan mesin bensin 2.0 liter bertenaga 142 daya kuda dengan transmisi CVT.

Bagaimana dengan Indonesia? Toyota sudah memperlihatkan mobil konsepnya beberapa waktu lalu di pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Kapan mulai mengaspal? Tunggu saja kelanjutan penjelajahan tes pasar yang masih dilakukan hingga kini.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY