BERBAGI
Ribuan massa bakar lilin untuk Ahok | Foto : Ben

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Seketika, masyarakat dunia terus bergejolak dan menggalang solidaritas atas jerat hukum yang menimpa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok. Dukungan terus bergulir dengan berbagai cara.

Mulai dari bentangan spanduk bertuliskan #FreeAhok, #PrayForAhok dan #PrayForIndonesia serta aksi bakar lilin pun dilakukan. Tak hanya di Indonesia, aksi itupun digelar di 4 benua dunia.

Penting diketahui, keempat benua tersebut yakni benua Amerika, Australia, Eropa, dan Asia. Hampir berbagai kalangan masyarakat di benua-benua itu turun ke lapangan, tempat digelarnya aksi.

Di Australia, aksi bakar lilin sebagai bentuk dukungan terhadap Ahok digelar di beberapa kota, yakni Sydney, Canberra, Perth, Melbourne dan Adelaide. Di Ibukota Canberra, aksi dipusatkan di Queen Elizabeth Terrace-Lake Burley Griffin’s Foreshore.

Baca Juga:  Polres Bintan vs Polsek Jajaran: Skor 2-1

Aktivitas tersebut diberi nama ‘Aksi Solidaritas untuk Keadilan Indonesia’ yang dilaksanakan pada 14 Mei 2017. Sementara di Sydney acara yang diberi nama Justice For Ahok diadakan pada Minggu 14 Mei 2017 dengan titik kumpul Sydney Opera House. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 16.00 waktu setempat.

Untuk di Negeri Paman Sam, aksi mendukung Ahok digelar oleh warga Indonesia di beberapa kota besar. Salah satunya di Ibukota Washington DC. Di sana aksi rencananya diselenggarakan pada 14 Mei 2017 pukul 5 sore. Terpusat di US Capitol Building, tepatnya di Capitol Reflecting Pool para perserta diharapkan memakai pakaian berwarna merah putih dan membawa balon dan lilin.

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

Di San Fransisco, aksi solidaritas untuk Ahok dan Keadilan di Indonesia, bertempat di depan kantor depan Konsulat Republik Indonesia di Columbus Avanue Sabtu 13 Mei pukul 14.00. Tidak cuma AS, masyarakat Indonesia yang berada di Kanada juga menggelar aksi serupa. Warga Indonesia Toronto melangsungkan aksi di Nathan Phillips Squares pada 12 Mei pukul 09.00

Sementara kota Vancouver, aksi dilangsungkan sehari sesudah Toronto. Yaitu pada 13 Mei pukul 08.00, di Vancouver Art Gallery Robson Sade. Masyarakat Indonesia di Eropa, terutama di Belanda akan menggelar acara serupa yang rencananya akan diadakan di Damrak, Amsterdam Sabtu 13 Mei 2017.

Selain Amsterdam, aksi juga dilaksanakan di Groningen, Den Haag dan Utrecht. Untuk Groningen acara dilangsungkan pada 12 Mei. Dua kota lainnya Den Haag dan Utrecht berlangsung pada tanggal yang sama 14 Mei 2017. Di Benua Asia, aksi dukung Ahok dilaksanakan di Gwanghwamun Square, Seoul Korea Selatan.

Baca Juga:  Kodim 0315 Bersama Asparnas Kepri Melakukan Kegiatan Fogging

Aksi yang diberi nama Candlelight for Indonesia dilangsungkan pada 14 Mei 2017 pada pukul 20.00 waktu setempat. Tak cuma di Korsel, di Taiwan aksi serupa pun digelar. Event dukungan tersebut diberi nama #TAIWAN4AHOK dan rencana digelar di Taipei Main Stadion East 3 dimulai pada pukul 6 sore.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY