BERBAGI
Honda Luncurkan CB650F, Motorsport Tangguh Dengan Spesifikasi Menantang | Foto : Nat

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA – Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan moge Honda CB650F terbaru di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Moge anyar dari Honda ini diklaim lebih bertenaga dan kaya fitur.

Honda CB650F ini menggunakan mesin 650 cc DOHC 4 silinder baru. Selain itu, pada motor ini juga sudah terdapat lampu LED, hingga warna dan stripe baru.

Mesin 650 cc empat silinder pada motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 68,4 kW pada 11.000 rpm dengan torsi puncak 63,2Nm pada 8.000 rpm. Peningkatan dimulai dari 5.000 rpm karena sistem baru pengaturan aliran udara masuk dan keluar dari pembakaran. Saluran asupan udara yang lebih pendek menyuplai empat bukaan throttle 32mm dari kotak udara dan memasuki sisi kiri knalpot berkonfigurasi 4-1 yang menggunakan dual-pass struktur internal (bukan triple-pass) pada knalpot, mengurangi tekanan balik. Hal ini juga memberikan hasil final output yang lebih besar.

Baca Juga:  Polres Bintan vs Polsek Jajaran: Skor 2-1

Mesin CB650F telah mengaplikasikan arsitektur internal yang compact, 6 percepatan 4 silinder dengan sudut kemiringan kedepan 30°. Kepala silinder mesin DOHC 16 katup mengaplikasikan direct cam actuation; ukuran diameter dan langkah yaitu 67mm x 46mm dengan kompresi rasio 11:4:1

Dinding piston asimetris meminimalkan kontak dengan diameter sekaligus mengurangi gesekan. Ferrous spines di sisi luar permukaan silinder bertekstur mengurangi pemakaian oli (dan gesekan) sekaligus meningkatkan perpindahan panas. SV cam chain yang halus mengurangi hilangnya gesekan dengan aplikasi dari lapisan Vanadium di pin. Konsumsi BBM 21km/l (mode WMTC) memberikan daya jelajah lebih dari 350km untuk 17,3L tangki bensin.

Motor ini dibekali rangka baja tipe diamond dengan ukuran ganda 64mm x 30mm berbentuk elips. Suepsnsi depanya pakai Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41mm. Peredam kejut yang dapat disetel 7 tingkatan dengan single-tube monoshock menggerakkan lengan ayun secara langsung.

Pelek alumunium palang enam dibalut ban depan radial 120/70-17 dan ban belakang radial ukuran 180/55-17. Sementara pengereman didukung kaliper rem depan berpiston ganda dengan disk berukuran 320 mm beralur bergelombang dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm. ABS 2-channel terpasang sebagai standar.

Baca Juga:  Tidak Kantongi IMB, Camat Katang Bidara Minta Dinas Perizina Blacklist Kotage Kwansend Dan Hasim

Tampil semakin compact dengan dimensi tangki bahan bakar yang sesuai, garis tajam yang dinamis dari shroud, cover headlight hingga ke bagian belakang motor ini. Sisi cowl yang lebih kecil memberikan kesan agresif dari fuel tank dan semakin menonjolkan mesin ketika jok berdesain pendek dan potongan belakang spatbor depan diletakan dengan posisi pemusatan massa ke depan. Penyematan lensa bening dengan penggunan lampu senja dan belakang LED dan lampu depan yang semakin memberikan daya tarik lebih dengan garis dan sudut yang tajam

Posisi berkendara agak condong ke bagian depan, menempatkan pengendara dekat dengan roda depan. Setang motor tinggi berbentuk tabung yang datar memudahkan pengendalian. Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup didukung dengan tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian jok 810mm.

Baca Juga:  Kodim 0315 Bersama Asparnas Kepri Melakukan Kegiatan Fogging
Honda Luncurkan CB650F, Motorsport Tangguh Dengan Spesifikasi Menantang | Foto : Nat

Tampilan speedometer dengan dual screen yang lebar, di sisi kiri terletak informasi putaran mesin dan informasi kecepatan, sementara di sisi kanan terletak informasi bahan bakar, jam, odometer dan informasi penting lainnya. Kedua sisi motor diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih.

Motor ini didominasi oleh warna hitam pada frame, lengan ayun dan juga warna penutup mesin berwarna perunggu. Motor ini juga dilengkapi dengan kunci kontak berbentuk gelombang menghadirkan keamanan dan mengurangi resiko kerusakan kunci tersebut.

Honda CB650F ditawarkan dengan dua pilihan warna baru yaitu Millenium Red dan Matte Gunpowder Black. Motor ini dipasarkan tanpa perubahan harga yaitu dengan harga Rp 235 juta on the road Jakarta.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY