BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Gelombang permukaan laut di sekitar perairan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tampak mulai meninggi, Jumat (7/10/2016) pagi.

Penampakan gelombang laut ini terpantau dari data yang disajikan di situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam (http://hangnadim.kepri.bmkg.go.id/).

Dari data yang tersaji, terpantau gelombang laut di wilayah Kepri, khususnya Natuna dan Anambas tercatat mencapai ketinggian 1,5 sampai 2 meter.

Senada dengan data tersebut, Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim, Batam, Philip Mustamu juga membenarkannya. Dikatakannya bahwa penampakan tingginya gelombang, kerap hadir di sekitar perairan Kepri.

“Khususnya Natuna dan Anambas,” kata Philip Mustamu, Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim, Batam saat dikonfirmasi.

Pompong penyeberangan | Foto : Nat
Pompong penyeberangan | Foto : Ned

Tingginya gelombang di wilayah itu, lanjutnya, dipengaruhi kedekatan teritorialnya dengan hamparan laut China selatan yang terkenal dengan gelombang laut yang tinggi.

Selain Natuna dan Anambas, hampir diseluruh wilayah Kepri juga tampak bergelombang dengan ketinggian rata-rata 0,25 sampai dengan 1,5 meter.

Meski demikian, kondisi ini masih terbilang aman untuk melakukan penyeberangan penumpang oleh kapal-kapal domestik maupun antar pulau-pulau sekitar.

“Tapi perlu diperhatikan, gelombang laut ini bisa sewaktu-waktu berubah ketinggiannya. Tetaplah berhati-hati dan lengkapi alat keselamatan diri, dalam melakukan penyeberangan. Khusus bagi penyedia jasa transportasi laut, ya harus menyediakan minimal life jacket untuk penumpang,” imbaunya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY