BERBAGI
Banjir yang terjadi di kawasan Tiban Permai atau tepatnya di belakang Pasar Tiban Centre, Rabu (22/6/2016) | Foto Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam telah menyampaikan masalah banjir kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang berhubungan langsung dengan jalan lintas nasional dan lintas Provinsi beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas PU, Ir Yumasnur mengatakan untuk masalah banjir sudah disampaikan kepada Menteri PU, agar bisa ditangani terhadap jalan yang ditangani instansi pemerintah pusat dan daerah itu. Masalah tersebut harus ditangani secepatnya, dengan membuat atau menambah drainase yang bisa menampung debit air.

“Kita bisa lihat seperti banjir yang terjadi di daerah Tiban  jalan Gajah Mada. Masalah ini sudah Kami sampaikan ke Menteri PU. Itu kan jalan nasional dan Provinsi. Kita sedang rencangan, karena drainase kecil,” katanya disela-sela Safari Ramadhan di Masjid Al Faudzan Sei Harapan Sekupang, Rabu (23/6/2016) malam.

Menurutnya, harus membuat dirainase di bawah jalan agar bisa menampung debit air dan cepat mengalir. Dengan begitu jalan harus dibelah dua atau memberikan corong-corong sebagai drainase tempat lintas air untuk menampung debit air hujan yang deras.

“Draiansenya kecil dan harus dibagi dua jalannya. Ditambah lagi diatasnya berbukit atau bukit Tiban Ayu, jadi dorongan air deras. Jadi bawah jalan harus di kasih corong air,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi mengatakan, menjadi perhatian pemerinntah terhadap  beberapa perumahan yang menjadi langganan banjir.

“Jalan yang dibangun di perumahan kan pihak developer. Dalam waktu dekat pihaknya akan duduk bersama dengan developer dan warga untuk mencari solusi atasi banjir. Itulah salah satu cara untuk mencari solusi,” katanya.

“Masalah jalan yang menjadi tanggung jawab Pemko Batam maka akan diatasi Dinas PU untuk mencari solusi. Dinas PU bekerjalah, dan kami akan memikirkan masalah ini,” ujarnya.

 

PENULIS : DH

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY