BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – ‎Persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Batam kian lelet alias lama dimulainya.

Hal ini secara nyata terlihat di ruang sidang I, II dan III PN Batam. Sidang yang dimulai saat itu, cukup mengulur waktu. Pasalnya, beberapa Majelis Hakim yang hendak menyidangkan baru turun sekitar pukul 14.15 WIB untuk memulai persidangan. ‎

‎Memulai persidangan terlalu lama, menambah daftar panjang penilaian negatif masyarakat atas kinerja para Hakim yang ada. Pantauan tim Central Batam, sidang Perdata yang biasa digelar sekitar pukul 10.00 WIB, hari ini malah digelar cukup sore.

Akan hal itu, sidang pidana yang biasa digelar usai sidang perdata menjadi tertunda beberapa saat dan menyebabkan para Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam harus lebih sabar menunggu.

Sekitar pukul 14.30 WIB, barulah sidang pidana digelar. Hendak menyidangkan sebanyak 55 orang tahanan, waktu yang ada jelas sangat singkat.

Salah seorang petugas yang mengawal tahanan mengatakan, ada sebanyak 55 tahanan yang akan disidangkan hari ini dalam waktu yang relatif singkat tersebut.

“Ada 55 tahanan, sementara waktu sudah jam segini (15.30 WIB, red),” katanya.

Hari sebelumnya, Rabu (5/10/2016) lalu. Sidang di PN Batam juga dimulai cukup lama dan akhirnya selesau sekitar pukul 21.00 WIB. Sejumlah tahanan yang menunggu terlalu lama, sempat memberontak dan meminta ingin dibawa ke Rutan Barelang secepatnya.

Kasus melorotnya pelayanan persidangan ini kini kembali terulang. Dimulai cukup lama, sidang hari ini diprediksi berakhir hingga malam hari nanti.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY