BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Pelabuhan internasional Harbour Bay Batuampar mencekam, Kamis (24/5/2018). Sejumlah pria bersenjata masuk ke dalam pelabuhan tersebut dan menembak beberapa orang pihak keamanan. Beberapa pihak keamanan pelabuhan pun lempuh. Ada tiga orang dipastikan tewas.

Sejumlah pria, awalnya diperiksa security pelabuhan yang mencurigai membawa barang yang dilarang. Namun, sejumlah pria memberontak dan mengeluarkan senjata dari dalam tas lalu menembak petugas keamanan tadi.

Selanjutnya petugas keamanan lainnya langsung menghubungi Yonif Rider Khusus 136/TS. Dalam hitungan menit pasukan penanggulangan teroris tiba di pelabuhan.

Baku tembak pun terjadi. Pasukan Yonif Raider Khusus 136/TS pun terus masuk ke pelabuhan. Sementara dua orang disandra dan di bawa ke dalam fery untuk negosiasi, agar sejumlah pria bersenjata dapat kabur ke luar negeri.

Saat negosiasi itu terjadi baku tembak antara sejumlah pria dengan pasukan penanggulangan teroris Yonif Rider Khusus 136/TS di dalam pelabuhan. Sejumlah pria bersenja pun dilumpuhkan. Sementara baku tembak pun terjadi di dermaga pelabuhan sampai ke dalam fery. Tidak lama situasi keamanan pun dapat diambil alih, dan beberapa orang teroris yang ada di dalam fery di lumpuhkan.

Semua ini terungkap dalam latihan penanggulangan teroris yang dilakukan Yonif Raider Khusus 136/TS. Dalam latihan itu, pelabuhan Harbour Bay kembali diambil kembali dari kekeuasan teroris. Selanjutnya, sejumlah pelaku ditembak mati oleh pasukan penanggulan teroris Yonif Rider Khusus 136/TS.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, S.Sos mengatakan sebagai batalyon infanteri dengan kualifikasi Raider, Batalyon (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti (TS) yang berada di bawah kendali Korem 033/Wira Pratama, Kodam I/Bukit Barisan dilatih untuk memiliki kemampuan tempur tiga kali lipat batalyon infanteri biasa. Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan dan mobil udara, seperti terjun dari Helikopter serta memiliki kemampuan anti teror dan keahlian-keahlian khusus lainnya.

“Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan tersebut, bertempat dipelabuhan internasional Harbour Bay Batuampar, Kamis (24/5/2018) dilaksanakan latihan penanggulangan teroris oleh Yonif Raider Khusus 136/TS,” katanya.

Untuk mengamankan situasi keamanan dan mengambil kembali pelabuhan Harbour Bay dari kekuasaan teroris tersebut, Yonif Raider Khusus 136/TS diperintahkan untuk melaksanakan tugas tersebut.

“Dalam latihan itu, pelabuhan Harbour Bay dapat diambil kembali dari kekeuasan teroris oleh Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti dalam waktu kurang dari 12 menit,” katanya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY