BERBAGI
Sejumlah siswa SMPN 20 Batam saat mengerjakan soal dalam simulasi UNNBK, Selasa (3/3/2020)

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM –  Kepastian ditiadakannya Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada 2020 ini sudah mendapat kepastian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Tanpa UN, pemerintah tengah menyiapkan formula untuk menentukan bagaimana seorang siswa dinyatakan lulus atau tidak.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan tahun ini UN di Batam akan ditiadakan. Kebijakan ini mengikuti kebijakan pemerintah pusat.
Hendri menyebutkan salah satu formula yang akan dipakai untuk menentukan kelulusan siswa tingkat SMP, adalah dengan perhitungan nilai rapor siswa selama 5 semester.

Nilai rapor di 5 semester itu akan ditambahkan dengan hasil ujian siswa pada semester 6 atau semester terakhir untuk tingkat SMP.

“Jadi kalau dia SMP hitungannya dari semester 1 kelas 7 sampai semester 5 kelas 9. Nilai kumulatif itu ditambah ujian semester 6,” ujar Hendri, Jumat (27/3/2020).

Sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan petunjuk teknis yang resmi dari pusat perihal pelaksanaan penentuan kelulusan siswa di tingkat SD dan SMP di Kota Batam.
Namun gambaran seperti apa nantinya penilaian yang dilakukan, tidak akan berbeda jauh dari apa yang ia jelaskan di atas.

“Secara resmi edaran untuk itu belum ada,” tegasnya.

Sementara itu, untuk proses belajar mengajar sendiri, proses pembelajaran, kata Hendri, pihaknya mendorong para orangtua untuk bisa mendampingi anak-anak mereka di rumah.

Hal ini dinilai penting karena para guru tidak lagi bisa memberikan perhatian secara maksimal ketika anak-anak berada di rumah.

“Orangtua juga harus mengawasi anaknya, mau tak mau harus belajar lagi untuk mengajari anaknya,” kata Hendri. (dkh)
 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY