BERBAGI
Bazar Sembako yang digelar TPID di Bengkong, Jumat (11/5/2018)

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Panitia bazar sembako Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berkomitmen harga produk pangan di bazar tidak lebih mahal dari harga pasar.

Kepala Bagian Perekonomian Setdako Batam, Zurniati mengatakan jika ada distributor yang jual lebih mahal dari harga pasar, tidak dibolehkan ikut bazar.

“Harga tetap kita jaga. Kalau masih mahal, langsung kita tutup. Kesepakatan kita kemarin di rapat seperti itu,” kata Zurniati di Kantor Camat Bengkong, Jumat (11/5/2018).

Komitmen ini ditunjukkan pada kesempatan pertama bazar sembako. Daging kerbau impor dijual Bulog dengan harga Rp 75 ribh. Lebih murah dibanding harga di Pasar Cipta Puri, Rp 85 ribu per kilogram.

Harga daging sapi beku juga lebih murah. Di bazar sembako TPID, daging sapi beku dijual Rp 78 ribu. Sedangkan di Pasar Cipta Puri, kata Zurniati, harganya sudah mencapai Rp 90 ribu.

“Cabai merah juga. Di sini (bazar) Rp 34 ribu. Beda Rp 10 ribu dari pasar Cipta Puri, Rp 44 ribu. Bawang merah Brebes di sini Rp 25 ribu, di pasar Jodoh, dari hasil survei Disperindag, dijual Rp 34 ribu,” katanya.

Selain distributor dan Bulog, bazar ini juga melibatkan BUMD Batam. PT Pembangunan Batam ini ikut memasok bahan pangan berupa bawang putih. Bumbu masak utama ini dijual dengan harga Rp 18 ribu per kilogram. Membuat mobil BUMD cukup padat dikerumuni ibu-ibu warga Bengkong.

“Di sini juga ada kelompok tani ikut berpartisipasi. Jadi ada juga produk sayuran seperti bayam, dan ada olahan ikan kering. Bazar sembako TPID ini juga menjual beras, minyak, dan lainnya,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

Ketua Harian TPID Batam ini mengatakan bazar akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama menjelang puasa. Dan tahap kedua akan dilaksanakan menjelang Idul Fitri mendatang.

“Tahap pertama dimulai hari ini. Perdana di dua tempat. Pagi di Bengkong, siang di Palem Raya Sengkuang Kecamatan Batuampar. Untuk tahap pertama berlangsung sampai 15 Mei 2018. Nanti sebelum lebaran kita buat juga, yang dimulai pada 7 Juni 2018,” katanya.

Jefridin mengatakan untuk bazar jelang lebaran nanti akan dilakukan dengan lebih banyak pilihan produk pangan. Misal tepung-tepungan, gula, mentega, dan bahan kue lainnya. Dan bila memungkinkan juga akan dijual minuman kaleng.

“Karena itu, ayo kita sama-sama manfaatkan kesempatan yang diberikan ini. Karena tujuan kita adalah menjaga inflasi dari bahan pokok. Dan memberikan keringanan terhadap daya beli masyarakat. Di samping ketersediaan, harganya pun di bawah harga pasar. Sesuai dengan arahan Pak Walikota, harga di bazar sembako ini harus lebih murah dari harga pasar di manapun di Kota Batam,” ujarnya.(*)

Berikut jadwal untuk bazar sembako TPID tahap I :

Jumat (11/5/2018) di Kantor Camat Bengkong dan Palem Raya Batuampar

Sabtu (12/5/2018) di Fanindo Batuaji dan Kampung Dalam Lubukbaja

Minggu (13/5/2018) di Kantor Camat Sagulung dan Lapangan Usman Harun Sei Beduk

Senin (14/5/2018) di Lapangan Bola Baloi Permai Batam Kota dan Lapangan Bola Kaveling Senjulung Kabil Nongsa

Selasa (15/5/2028) di samping GOR Tiban Indah Sekupang.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY