BERBAGI
The new Toyota Agya | Foto : Nay

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA – Toyota Agya kembali hadir (reborn). Setelah meluncur pertama di kali di pameran Indonesia International Motor Show 2012 Toyota Agya hadir sebagai kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) pertama di Indonesia. Baru setelahnya pada September 2013 mobil city car ini tersedia untuk konsumen. Ada 3 pilihan Grade yan ditawarkan yaitu E, G, dan TRD S.

Agya menggunakan mesin 1KR dengan 3 silinder berkapasitas 998 cc sehingga bahan bakar lebih efisien. Empat tahun setelahnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan New Agya dengan desain yang lebih modern dan stylish.

Berikut detail ubahan yang terdapat pada New Agya mulai dari eksterior, interior, dan juga mesin.

Baca Juga:  Polres Bintan vs Polsek Jajaran: Skor 2-1

Untuk versi TRD S, grille depan dan grille belakang mengalami ubahan. Juga desain lampu depan yang lebih runcing dari model yang ada saat ini. Desain lampu kabut dan lampu belakang juga berbeda dan terdapat sentuhan baru. Spoiler belakan juga tampak lebih tipis dan memanjang dari model sebelumnya. Bemper belakang juga terkesan lebih sporty.

Desain pelek baru lebih stylish untuk kedua versi baik 1.2 G dan 1.2 TRD S. Bagian interior pun mendapat ubahan yang cukup signifikan seperti bangku semi-bucket agar pengemudi dan penumpang depan mendapat pengalaman beekendara yang berbeda dan lebih menyenangkan.

Door trim juga tampil lebih menarik dibandingkan denan desain datar pada generasi sebelumnya. Sistem hiburan audio juga diperbaharui dengan desain dan fitur yang lebih canih antara lain Bluetooth Call pada versi 1.2 L. Desain meter Cluster juga baru semakin menarik. Di kemudi setir juga terdapat steering switch pada varian 1.2 L.

Baca Juga:  Tidak Kantongi IMB, Camat Katang Bidara Minta Dinas Perizina Blacklist Kotage Kwansend Dan Hasim
The new Toyota Agya | Foto : Nay

Salah satu ubahan utama pada New Agya adalah pilihan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Pada mesin 1.000 cc disematkan teknologi VVT-i dengan ECU, sementara mesin 1.200 cc hadir dengan teknologi Dual VVT-i yang serupa dengan Calya. Berkat mesin tersebut masing-masing mampu menghasilkan tenaga maksimum 67 PS pada rpm 6.000 dan torsi 89 Nm pada rpm 4.400. Sementara mesin 1.2 L mampu menghasilkan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan juga torsi maksimum 108 Nm di rpm 4.200.

Agya baru dilengkapi fitur keamanan yang cukup lengka[ dan juga telah mendapatkan 4 bintang dari ASEAN NCAP. Keseluruhan fitur keamanan tersebut dipenuhi sesuai dengan permintaan konsumen akan New Agya.

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

Ada beberapa fitur keselamatan lain yang diesematkan, yaitu Dual SRS Airbag, 3-point seatbelt, head rest untuk seluruh penumpang, driver seatbelt warning sign, Isofix, dan Power door lock di semua tipe. Sementara fitur ABS hanya ada pada varian 1.2 TRD S. Alarm with immobilizer dan wireless door lock terdapat di semua varian kecuali 1.0 L tipe E.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY