BERBAGI
Rapat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan

CENTRALBATAM. CO. ID, BINTAN -Salah satu iven olahraga dunia, Tour Dengan Bintan akhirnya kembalikan diadakan. Hal ini diungkapkan oleh kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Arief Sumarsono saat ditemukan media di Kantornya, Rabu (3/8).

Arief mengatakan, setelah Pemkab Bintan melakukan rapat bersama Metaspot sebagai event organizer dan BRC, sudah ada 800 peserta yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta.

“Rencannya, iven akan digelar pada tanggal 14 hingga 16 Oktober 2024 ini. Kemudian, kalau jumlah peserta hingga saat ini, sudah ada 800 pserta dari 12 Negara. Paling banyak peserta dari Singapura sebanyak 40 persen,”ujar Arief.

Lebih lanjut ia mengatakan, Inggris dan Australia juga merupakan peserta paling banyak kedua dan ke tiga. Dimana, peserta dari Inggris (UK) sebanyak 13 dan 7 persen. Hal ini juga membuktikan bahwa Bintan memiliki pesona menarik di mata dunia.

Baca Juga:  Meninggal Medadak saat Kerja, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan ke Ahli Waris Honorer

“Untuk peserta dari Eropa dan Australia juga lumayan banyak. Tapi sayangnya peserta dari Indonesia tidsk begitu banyak dan hanya menyumbang sebanyak 5 persen,”tuturnya.

Mengingat jumlah peserta dari Indonesia ini masih tergolong sedikit sebagai tuan rumah, ia berharap akan banyak lagi yang mendaftar. ” Kita kan tuan rumah malu kalau hanya segitu. Karenanya kita berharap akan lebih banyak peserta dari Indonesia yang akan ikut icen pertama ini setelah pandemik covid-19,”lanjutnya.

Sebagai informasi, iven tour dengan Bintan adalah event olahraga pariwisata yang diadakan di Bintan sejak 2010. Iven ini terus diadakan setiap tahunnya hingga pandemik COVID-19 dan membuatnya tidak bisa di gelar selama dua tahun terakhir.

Baca Juga:  Saksikan Karnaval Budaya, Amsakar Ajak Warga Belakangpadang Isi Kemerdekaan dengan Andil Kolektif Pembangunan

Sebagai salah satu daerah paling banyak dikunjungi oleh wisawatan mancanegara. Bintan pariwisata merupakan sumber PAD terbesar Pemkab Bintan. Untuk itu, ia berharap dia dan dukungan kepada seluruh masyarakat sehingga tour Dengan Bintan ini dapat berjalan lancar.

“Harapannya, mohon dukungannya doangan agar semua berjalan lancar dan juga partisipan dari lokal bisa meningkatkan,” harapnya lagi.

Diakui Arief, sejak Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengusung Bintan bangkit, dunia pariwisata di Bintan kembali bangkit. Hal ini dibuktikan dengan jumlah wisatawan yang masuk ke Bintan pada tahun 2022 ini mencapai 9693.

Jika dilihat jumlah peningkatan yang fantastik dibandingkan tahun 2020 dan tahun 2021 tidak sampai 100 wisawatan, Arief semakin optometris untuk kebangkitan ekonomi Bintan.

Baca Juga:  Lomba Sampan Layar di Belakangpadang Semarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia

“Kebangkitan ekonomi Bintan sudah di depan mata. Apalagi jika tour de Bintan ini berjalan lancar, maka jumlah wisawatan mancanegara bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu. Jadi mari sama-sama mendoakan kelancaran tour de Bintan ini,” pungkasnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY