BERBAGI
Kakanim imigrasi kelas I Tanjungpinang

CENTRALBATAM.CO.ID, Bintan –Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Hongky Juanda membantah jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) mencapai ribuan orang.

“Itu tidak benar, karena yang terdaftar di kami hingga saat ini sekitar 100 an TKA. Itu pun sudah termasuk para pekerja dari Subkon yang di PT BAI,” ujar Hongky, Jumat (21/3).

Lebih lanjut ia berharap agar pihak – pihak yang mengeluarkan pernyataan terkait jumlah TKA baik di PT BAI maupun di wilayah Bintan dan Tanjugpinang agar teliti. Sebab, data yang akurat terkait jumlah TKA adalah di pegang oleh Imigrasi.

“Kalau kami tidak asal bicara, kami bicara berdasarkan data yang kami punya,” sebutnya.

Sebagai yang memiliki tiga fungsi, yaitu pelayanan, pengamanan dan penegakkan hokum dan fasilitator pemerintah imigrasi selalu hati-hati dalam mengambil kebijakan.

“Pengamanan dan pengawasan kita mempunyai peran dimana orang-orang asing merupakan subjek yang harus diawasi. Tapi kita juga jangan lupa ada aspek fasilitator pembangunan. Dimana kita harus mendukung program pemerintah,”

“Bagaimana kita mendukung program itu, ya harus sesuai rambu-rambu yang berlaku,” ungkapnya.

Untuk memastikan bahwa tidak ada TKA illegal yang berkeliaran, ia mengatakan selalu melakukan pengawasan tiap bulannya.

“Setiap bulan kita awasi, dan kalau kita temukan yang tidak memiliki KITAS, kita akan tindak sesuai procedure yang berlaku,” jelasnya.

Ditanya jumlah TKA di wilayah Bintan, Hongky menjelaskan dari data yang di miliki saat ini ada sekitar 150 orang. Namun jumlah itu katanya tidak bisa dijadikan patokan. Sebab perusahaan PT BAI memliki cabang di beberapa wilayah Indonesia.

“Kalau saya bilang 150, tidak bisa juga. Karena bisa saja TKA baru datang atau sebagian pulang kenegaranya,” akunya. (Ndn)

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY