BERBAGI
Aplikasi WA

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Peneliti iOS bernama Jonathan Zdizarski mengumumkan hasil penelitiannya yang menemukan bahwa WhatsApp tetap menyimpan log chat atau percakapan, bahkan setelah chat dihapus oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan memeriksa disk gambar yang diambil dari versi terbaru aplikasi tersebut.

Dari pemeriksaan tersebut, aktivitas penyimpanan jejak forensik log chat bahkan setelah dihapus akan menghasilkan data informasi, yang dinilai sebagai harta karun potensial bagi pihak lain yang memiliki akses ke perangkat, seperti yang dilaporkan The Verge.

Data tersebut juga dapat dikembalikan melalui sistem backup dari jarak jauh apa saja. Pada sebagian besar kasus, data tersebut ditandai sebagai data terhapus oleh aplikasi WhatsApp. Namun karena tidak mengalami proses penulisan ulang, data masih dapat dikembalikan menggunakan alat forensik.

Zdziarski menyebut permasalahan ini disebabkan oleh perpustakaan SQLite yang digunakan dalam proses coding aplikasi, dan tidak mengalami proses penulisan ulang secara default.

Selain itu, Zdziarski juga menyebut, inti permasalahan terdapat pada komunikasi yang terjadi di disk.Penelitian ini relevan dengan permasalahan hukum yang tengah dihadapi WhatsApp saat ini terkait dengan kebijakan enkripsi.

Di Brazil, WhatsApp mendapatkan larangan operasi dari pengadilan setempat karena menolak unuk menyerahkan log chat yang diminta terkait kasus yang tengah disidangkan.(mtn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY