BERBAGI
Amanunddin Kasi Bimas Kemenag Kota Batam saat melihat hilal dengan menggunakan teleskop untuk menentukan 1 Ramadhan, yang berlangsung di Tanjungpinggir Sekupang, Selasa (15/5/2018)

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Meski penetapan 1 Ramadhan 1439 hijriah di Kota Batam menyerahkan keputusan sidang isbat di Jakarta, Selasa (15/5/2018), peneropongan hilal yang dilakukan di Tanjungpinggir, Sekupang tidak terlihat bisa terlihat melalui teleskop lantaran terlindung awan, dan cuaca tidak mendukung.

“Kita tidak bisa melihat hilal karena terlindung oleh awan, sehingga kami mengikuti penghitungan hisab sambil menunggu keputusan sidang isbat, Kemenag RI di Jakarta,” ujar Amanunddin Kasi Bimas Kemenag Kota Batam usai melakukan peneropongan.

Menurutnya, dalam pengelihatan hilal kali ini dihadiri BMKG, MUI, NU, Muhamadiyah, PMB, KUA dan ormas Islam.

Amanunddin Kasi Bimas Kemenag Kota Batam saat memberikan arahan sebekum melihat hilal memalui telesop untuk menentukan 1 Ramadhan yang berlangsung di Tanjungpinggir Sekupang, Selasa (15/5/2018)

“Hasil melihat hilal melalui teleskop ini akan dilaporkan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kepri yang selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Agama dalam sidang Isbat,” katanya.

Ditempat yang sama Nizam dari BMKG Hang Nadim mengatakan posisi hilal yang dilihat pada posisi ketinggian 0 derajat, minus 30,89 menit. Sementara dilihat tepat pada pukul 18.05 WIB.

“Harusnya hilal itu kelihatan itu sekitar pukul 18.05 WIB. Diakibatkan cuaca tidak mendukung dan terlindung awan, makanya hilal tidak terlihat,” katanya.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY