BERBAGI
Ilustrasi Zika

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Semakin mewabahnya virus Zika (Zika Diseas) di Singapura, membuat Pemerintah Kota (Pemko) Batam kian awas akan penyebaran virus endemik Afrika itu.

Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, turut memberi penegasan akan sikap awas yang dilakukan terkait mewabahnya virus Zika.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas (Kadis) Dinkes Batam, Drg. H. Chandra Rizal, M.Si menegaskan bahwa Pemko Batam langsung mengambil sikap awas, sejak pemberitaan wabah virus tersebut mulai tersiar bebas di Singapura.

Mengingat letak Geografis Kota Batam yang sangat deat dengan Singapura dan banyaknya warga Singapura yang berkunjung ke Batam. Turut menjadi alasan bagi Dinkes Batam, untuk meningkatkan pengawasan.

“Ya, sejak ada isu dan pemberitaan. Kita langsung beri arahan epada otoritas Pelabuhan dan Bandara. Tujuannya untuk melakukan pengecekan setiap penumpang yang tiba di Batam,” kata Drg. H. Chandra Rizal, saat dikonfirmasi.

Ilustrasi Zika
Ilustrasi Zika

Dikatakannya juga, pengawasan yang dilakukan tergambar dari pengukuran suhu tubuh penumpang asal Singapura yang baru tiba di Batam.

Pengukuran suhu tubuh ini dilakukan, untuk mengetahui kondisi dan mengurangi penyebaran wabah penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk itu.

“Untuk dipelabuhan sudah dilakukan, kini di Bandara hanya pengawasan dulu. Karena belum ada tanda-tanda sepertinya,” ucapnya.

Selain memeriksa penumpang, kepada setiap Kapten atau Nakhoda kapal juga diwajiban untuk memberi kartu kepada setiap penumpang, untuk mengetahui awal gejala virus Zika.

“Ya, untuk mempermudah pendeteksiannya, kita mintakan hal itu,” imbuhnya.

“Tapi sampai saat ini, belum ada laporan Zika masuk atau terdeteksi di Batam. Kita pun tetap semakin memperketat pengawasan,” tuturnya.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY