BERBAGI
Kelompok 3 KKN Unrika Batam | Foto : Ben

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Ratusan mahasiswa dan mahasiswi di Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam, yang terdaftar dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2016 resmi diterjunkan ke penjuru Kota Batam. Pulau-pulau dan daerah pesisirpun diseruduk guna mewujudkan pengabdian masyarakat di tempat yang masih membutuhkan agen-agen perubahan.

Dalam hal ini, ada sekitar 20 kelompok yang dikerahkan. Salah satunya ialah kelompok 3, diketahui kelompok tersebut diterjunkan di Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam. Seakan tak ingin ketinggalan, kelompok yang beranggotakan 23 peserta, seorang ketua regu dan seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) itu telah mempersiapkan berbagai program untuk pengembangan wilayah Cate.

Ravika Permata Hati, DPL kelompok 3 saat dikonfirmasi menegaskan bahwa timnya yang diterjunkan di wilayah itu sangat merasa tertantang. Adapun tantangan itu, untuk mengembangkan dan menggebrak setiap program demi kemajuan daerah pesisir  menjadi lebih maju.

“Batam kan terkenal dengan pariwisata bahari dan pesisirnya, sementara masih banyak wilayah didalamnya yang belum tersentuh. Dengan ini, kita dari tim 3 merasa sangat tertantang untuk mewujudkan perubahan di tempat kita bermasyarakat dan mewujudkan berbagai ide, serta program yang dapat mempercepat kemajuan wilayah pesisir. Khususnya peningkatan siklus perekonomian,” kata Ravika Permata Hati, DPL kelompok 3, saat dikonfirmasi.

Pelepasan seluruh peserta KKN 2016 oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, bersama Wakil Rektor I, Ade P. Nasution (kemeja putih), Ketua LPPM Unrika, Ramses (kemeja hitam) | Foto : Ben
Pelepasan seluruh peserta KKN 2016 oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, bersama Wakil Rektor I, Ade P. Nasution (kemeja putih), Ketua LPPM Unrika, Ramses (kemeja hitam) | Foto : Ben

Sementara, ketua tim, Junedy Bresly Nofrianto juga mengaku telah mempersiapkan berbagai program untuk mewujudkan apa yang timnya harapkan. Mulai dari peningkatan ekonomi, sosial-budaya, pendidikan, kerukunan umat beragama, teknologi, informasi dan komunikasi, serta pemanfaatan wilayah pesisir akan sumber daya lautnya juga telah dibahas dan siap untuk digebrak.

“Tujuannya itu begini, kita berupaya meningkatkan siklus perekonomian disana sembari kita melestarikan lingkungan. Selain itu, hal yang paling penting ialah memperkenalkan sistem komputerisasi berbasis teknologi dan pendidikan dengan konsep ramah lingkungan demi kemajuan yang sebenarnya,” kata Junedy, menegaskan.

Dia mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan Lurah Rempang Cate, Suyatmi dalam hal menggebrak berbagai program yang telah disiapkan itu.

Kelompok 3 KKN Unrika Batam, saat survey lapangan bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ravika Permata Hati | Foto : Ben
Kelompok 3 KKN Unrika Batam, saat survey lapangan bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ravika Permata Hati | Foto : Ben

“Memang sudah berkoordinasi, syukurnya beliau sangat mendukung program kita untuk mewujudkan wilayah pesisir yang lebih maju lagi,” imbuhnya.

Adapun pelaksanaan KKN 2016 itu, lanjutnya, mulai dilangsungkan sejak 15 Oktober 2016 hingga 16 Desember 2016 dengan jadwal kerja setiap Sabtu dan Minggu. Dengan itu, Junedy berharap segala program yang digagas dapat berjalan dengan baik dan memberi manfaat yang juga baik bagi masyarakat di Kampung Cate.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY