BERBAGI
Bangkai makhluk raksasa yang terdampar di pantai Maluku / foto istimewa

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA– Bangkai makhluk laut raksasa yang terdampar di Pantai Dusun Hulung, Desa Luhu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, menyita perhatian sejumlah media asing.

Belakangan, hewan yang sempat dikira cumi-cumi itu diyakini adalah seekor paus.

Melalui artikel bertajuk “Giant sea creature washes up on Indonesia’s Serum Island”, News.com.au mengawali laporannya dengan menyebutkan sebuah makhluk tak teridentifikasi terdampar di Provinsi Maluku.

Bangkai hewan raksasa tersebut ditemukan di Pantai Hulung di bagian barat Pulau Seram oleh seorang warga lokal.

“Dalam kegelapan, Asrul Tuanakota (37) awalnya mengira gumpalan daging besar tersebut merupakan sebuah kapal yang terdampar,” tulis News.com.au mengutip pemberitaan sebuah media di Indonesia, Jumat (12/5/2017).

Baca Juga:  Histeris Isak Tangis Keluarga Penumpang Sriwijaya Air di Bandara Supadio

Para nelayan di Desa Lha yakin bahwa bangkai tersebut adalah cumi-cumi raksasa. Sementara otoritas setempat memastikan bahwa itu adalah jenis paus sperma yang telah membusuk.

Warga setempat dikabarkan meminta bantuan dari pemerintah untuk menangani bangkai tersebut mengingat bau menyengat yang ditimbulkan.

Sebelumnya, sekelompok ilmuwan kelautan telah mengambil sampel bangkai tersebut demi kepentingan identifikasi.

Adapun peristiwa terdamparnya bangkai paus raksasa ini juga dimuat 9news.com.au. Dengan artikel berjudul “Wasting remains of ‘giant sea creature’ washes up on Indonesian shores”, media ini menuliskan kisah serupa.

“Asrul Tuanakota, seorang warga lokal di Pulau Seram di Provinsi Maluku, menemukan bangkai sepanjang 15 meter,” tulis media tersebut.

Baca Juga:  Ini Keterangan Maskapai Soal Nama Penumpang Sriwijaya Air yang Beredar

Media The Washington Post tak ketinggalan memberitakan bangkai paus raksasa ini. Dengan judul “Massive sea creature washes up on Indonesian beach”, mereka menyebut bangkai raksasa terdampar di sebuah pantai di Provinsi Maluku membingungkan penduduk setempat dan pihak berwenang tengah mencoba mengidentifikasinya.

Pada Februari lalu, temuan menghebohkan juga terjadi di Filipina. Warga menemukan sebuah bangkai makhluk raksasa berbulu putih dengan berat mencapai dua ton. Belakangan diketahui itu adalah bangkai paus dari jenis yang belum pernah ditemukan.

Sementara itu, pada Maret tahun lalu, penduduk di Acapulco, Meksiko menemukan sebuah bangkai raksasa. Tidak diketahui persis apakah itu bangkai cumi-cumi atau paus.(lp6/ctb)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY