BERBAGI
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (5/4/2021)

CENTRALBATAM.CO.ID, ANAMBAS – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengusulkan bandara letung agar diperpanjang saat ini pihaknya sedang koordinasi dengan Kementerian Perhubungan Udara untuk merealisasikan rencana perpanjangan Runway bandara Letung agar pesawat zet bisa mendarat.

“Kita sudah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan Udara untuk urgensi pengembangan fasilitas terminal untuk menunjang wisatawan. Untuk saat ini aktivitas penumpang itu bisa mencapai 1800 sampai 2.000 orang dalam setiap bulan. Kita usahakan bisa mendarat pesawat zet,” kata Ansar Ahmad, Senin (5/4/2021) saat dalam perjalanan ke Batam.

Menurut Gubernur Kepri itu, penambahan panjang Runway bandara Letung bisa untuk penunjang kunjungan wisata di Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas. Jika pesawat jet sudah bisa mendarat dengan panjang Runway sekitar 1800 meter sampai 2000 meter maka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kepulauan Anambas akan bertambah dan semakin meningkat.

Baca Juga:  Luncurkan HARRIS Hotels Easy Booking, Tamu Dimundahkan dengan Satu Aplikasi

“Saat ini saja aktivitas masyarakat sudah tinggi menggunakan bandara Letung ini. Makanya kita akan lebih intensif lagi komunikasi dengan Kementerian Perhubungan Udara agar penambahan Runway bandara Letung bisa secepatnya terealisasi,” katanya.

Selain itu Gubernur Kepri juga mendapat laporan jika fasilitas bandara banyak yang rusak akibat angin kencang pada musim angin Utara lalu. Untuk memastikan kerusakan yang terjadi pihaknya akan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan Udara, Jakarta.

“Saya juga mendengar atap bandara banyak yang rusak akibat angin kencang pada musim angin Utara lalu. Sebaiknya atapnya dibuat rendah dan melengkung sehingga tidak mudah rusak kendatipun angin kencang,” ujar dia.

Sementara Kepala Bandara Letung, Andi mengatakan, saat ini panjang Runway bandara Letung 1400 meter x 30 meter, taxiway 125 meter x 15 meter dan apron 125 meter x 70 meter. Dengan kondisi bandara saat ini maka yang bisa mendarat pesawat ATR 737 500.

Baca Juga:  Malam Pertama Ramadhan, Rudi Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid Agung Batam

Andi juga menyampaikan jika panjang Bandara ditambahi sampai 1800 meter maka pesawat jenis akan bisa mendarat hal ini tentunya akan bisa menambah kunjungan wisatawan Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya wisatawan Pulau Bawah.

“Kita sudah sampaikan hal ini kepada Gubernur Kepri. Beliau sangat merespon positif karena jika panjang Runway bandara Letung ditambah maka pesawat zet akan bisa mendarat. Hal ini sangat baik bagi kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kepulauan Anambas,” katanya.(jhon)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan