BERBAGI
Bongkahan batu besar yang menjebol dinding dapur warga Tiban Makmur, Sekupang, Batam | Foto Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID,BATAM-Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kota Batam, kali ini 2 unit rumah warga di Tiban Makmur, Kelurahan Patam Lestari, Sekupang, Batam diamuk gelondongan atau bongkahan batu besar dari tanah longsor, Rabu (15/6/2016) dini hari tadi.

Kepala Pencegahan dan Siap Siaga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batam, Zulkarnain mengatakan, longsor yang terjadi merupakan dampak panjang dari guyuran hujan yang melanda Kota Batam.

“Iya benar, longsor itu terjadi dini hari. Itu terjadi karena tanah ditebing tidak mampu lagi menahan bobot atau berat, sehingga langsung hancur dan menghantam 2 unit rumah, tepatnya bagian dapur,” kata Zulkarnain, Kepala Pencegahan dan Siap Siaga BPBD Kota Batam.

Dikatakannya juga, tanah longsor yang menderu disertai dengan bongkahan batu berdiameter rata-rata 1,20 meter.

Karena berdiri langsung disamping bukit yang ada, bongkahan batu disertai tanah dan air langsung menghantap tembok dapur warga. Akibatnya, tembok yang dihantam tersebut, jebol dengan diameter lubang ditembok sekitar 1 meter lebih.

Akibat kejadian itu pula, beberapa warga lainnya langsung mengungsi dan mengambil sikap waspada, lantaran takut dengan longsor susulan.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY