Sukseskan Pilkada Sesuai Prokes, KPU Dan Polres Bintan Gelar Simulasi TPS

Sukseskan Pilkada Sesuai Prokes, KPU Dan Polres Bintan Gelar Simulasi TPS

0
BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Untuk menyukseskan Pilkada di wilayah Bintan sesuai dengan protocol kesehatan, jajaran Polres Bintan dan KPU Bintan menggelar simulasi TPS di Gedung Olahraga Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten bintan pada Sabtu pagi ( 21/11/20).

Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta sirekap di tingkat TPS dengan menerapkan protokol kesehatan ini mengingat pilkada sudah diambang mata.

“Simulasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar semua masyarakat dan petugas paham dan mengerti apa yang harus dilakukan pada saat pencoblosan. Dan kami dari pihak keamanan selalu siap mengamankan Pilkada serentak 2020 agar dapat berjalan dengan lancar dan sehat tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan agar dapat mencegah penyebaran Covid-19 pada saat pencoblosan nanti,”ujarnya.

Sementara, ketua KPU Bintan Ervina Sari, menambahkan saat ini KPU sudah memasukkan system informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) dalam perubahan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang rekapitulasi Pilkada 2020, dengan mengusulkan peggunaan teknologi informasi dalam proses rekapitulasi nantinya.

“Saat ini kami sudah memasukkan system informasi rekapitulasi elektronik dalam perubahan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang rekapitulasi Pilkada 2020. Dengan demikian, kami bisa memastikan pilkada bisa berjalan baik dan sukses,”timpalnya.

Kegiatan simulasi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia serta penggunaan aplikasi Sirekap di tingkat TPS, Pelaksanaan Pemungutan Suara ini nantinya akan sama seperti simulasi yang dilaksanakan hari ini, semua petugas menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) berupa Masker, sarung tangan dan Fashield serta tersedia Handsanitizer guna wajib mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

“Dalam simulasi Pemungutan Suara Pilkada serentak 2020 berbeda dengan pelaksanaan Pemilu / Pilkada sebelum-sebelumnya, sehingga kita bisa saksikan perbedaannya dan bisa disampaikan dengan keluarga,”pesannya.

Dalam gambaran Simulasi tersebut, Pemilih yang akan memasuki area TPS sebelumnya melaksanakan cuci tangan, dilakukan pengecekan suhu tubuh, namun apabila terdapat Pemilih yang suhu tubuhnya 37°C akan diarahkan ke Bilik Khusus. Selanjutnya dilakukan cek KTP-El serta surat pemberitahuan Pemilih dan diberikan sarung tangan oleh KPPS.

“Pemanggilan terhadap antrian Pemilih yang masuk dalam DPT dan diberikan surat suara Pemilihan Gubernur dan surat suara Pemilihan Bupati, Terkhusus Pemilih Lansia, akan diberikan prioritas atau didahulukan dengan didampingi pendamping dari keluarga terdekat dengan mengisi from yang telah disediakan,”pungkasnya. (Ndn)

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY