BERBAGI
Sistem UNBK

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bintan terancam tak bisa ikut Ujian Nasional (UN) pada tahun ajaran 2016/2017 mendatang.

Pasalnya, sistem UN Berbasis Komputer (UNBK) yang telah diterapkan membuat sekolah ini mustahil dapat mengikuti UN ini karena tidak ada SMP di Bintan yang memiiliki fasilitas tersebut.

Menanggapi hal ini, kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bintan, Tamsir mengatakan akan mengalihkan ke 5 SMP yang ada di Bintan ke SMA/SMK yang ada di Bintan.

“Memang ini kendala bagi kami untuk menerapkan ujian berbasis komputer tahun ini. Jadi kelima sekolah yang akan menerapkan UNBK kita alihkan ke SMA/SMK yang sudah memiliki sarana dan prasarana memadai,” tutur Tamsir, Minggu (19/2).

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

Kelima SMP yang akan menumpang ujian kata Tamsir yakni SMPN 1 Bintan Timur, SMPN 2 Bintan Timur, SMPN 6 Teluk Bintan, SMPN 11 Sri Kuala Lobam serta SMP 20 Satu Atap di Gunung Kijang. “Nanti kelima sekolah itu akan melaksanakan UNBK di SMAN 1 di Bintan Timur, SMKN 2 di Bintan Timur, SMAN 3 di Teluk Bintan, SMKN 3 di Bintan Utara serta SMKN 3 di Pulau Pucung,” sebutnya.

Sedangkan untuk SMP yang tidak melaksanakan UNBK, kata Tamsir akan melaksanakan ujian berbasis kertas disekolahnya masing-masing. Soal UN pun kata Tamsir seperti biasa dititipkan disetiap kantor polisi demi keamanan kertas ujian jelang pelaksanaannya nanti. “Yang lain ujian seperti biasa, soal ujian dan kelengkapan lainnya akan dititip disetiap Polsek terdekat,” ungkapkanya.

Baca Juga:  Jembatan Hilang Diterjang Banjir, Akses Jalan Tirta Madu-Gesek Terputus

Lebih lanjut Tamsir menghimbau kepada para siswanya untuk lebih giat belajar jelang pelaksanaan UN pada bulan Mei 2017 mendatang. “Kurangi waktu untuk bermain, giatkan belajar. Kita berharap tingkat kelulusan siswa tahun ini bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, untuk wilayah Kepri sendiri Bintan menempati posisi ketiga setelah Tanjungpinang dan Batam untuk sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY