BERBAGI
Darmarita dari BNN Kota Batam memberikan penyuluhan tentang bahaya Narkoba kepada siswa SMPN 32 Batam, Air Lingka, Kelurahan Galang Baru, Kecamatan Galang / Foto Eka

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Puluhan siswa SMPN 32 Batam di Air Lingka, Kelurahan Galang Baru, Kecamatan Galang, Kota Batam mengikuti penyuluhan penyalahgunaan narkoba, Sabtu (5/11/2016).

Dalam penyeluluhan yang diberikan oleh Darmarita dari BNN Kota Batam menerangkan bagaimana bahaya Penyalahangunaan narkoba, dan memberikan tips bagaiaman untuk mencegah agar terhindar sebagai pemakai kemudian menjadi korban.

“Penggunaan alkohol aja bisa merusak hati, getah lambung, jantung, saraf otak, kanker. Kalau ini saja sudah kita alami bisa mati kita. Itu baru saja minum alkohol. Apalagi narkorba,” kata Darmarita dihadapan puluhan siswa.

Sementara ada 25 penyakit tubuh yang disebabkan dengan rokok. Salah satunya adalah penyakit jantung.

“Remaja di usia 12 sampai 15 tahun yang merokok 44 kali lebih rentan mengenal narkoba dibandingkan yang tidak merkok. Akibat pengaruh rokok di usia ini dua lebih besar terlibat penyalahgunaan narkoba dibandingkan usia 30 tahun keatas,” ujarnya.

Menurutnya, narkoba itu adalah zat baik tanaman bukan tanaman. Kalau dikonsumsi memberikan pengaruh besat pada tubuh manusia. Pertama berpengaruh pada prilaku sehari-hari.

“Yang pertama kali adalah prilaku kita sehari-hari. Selain prilaku, yang diubah adalah fisik. Dengan bertatap mata saja bisa diketahui pemakai atau tidak. Zat itu bisa membuat kita ketergantungan,” katanya.

Kalau di Pulau atau daerah hinterand mendapatkan pengaduan kalau anak-anak sering menggunakan kobat batuk komik, ngelem dan minum pil gestro.

“Semuanya itu sama saja dengan narkoba yang merusak otak kita. Jadi jauhi narkoba jangan pernah menyetuh barang haram itu jika mau menggapai masa depan,” katanya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY