BERBAGI
Foto saat wabah covid-19, petugas memeriksa suhu tubuh warga

CENTRALBATAM.CO.ID, NEW ZEALAND –Pemerintah Selandia baru menyatakan telah berhasil menghentikan penyebaran virus corona atau covid-19 di Negara itu. Hal ini diungkapkan karena beberapa hari terakhir Negara itu hanya menemukan satu kasus positif covid-19 di negeri awan putih panjang itu.

“Saat ini virus (covid-19) sudah hilang,” ujar Perdana Menteri Jacinda Ardern dikutip dari BBC News, Senin (27/4).

Meskipun demikian, para pejabata mengingatkan agar tidak terlalu puas dulu karena hasil ini. Namun mereka menyarankan agar tetap waspada terhadap penyebaran wabah asal Wuhan, Cina itu.

Rencanya mulai Selasa (waktu setempat) beberapa kegiatan bisnis, kesehatan, dan pendidikan yang tidak penting akan dilanjutkan. Namun, kebanyakan orang masih akan diminta untuk tetap di rumah menghindari semua interaksi sosial.

“Kami membuka ekonomi, tetapi kami tidak membuka kehidupan sosial masyarakat,” kata Ardern pada rapat harian pemerintan.

Selandia Baru telah melaporkan kurang dari 1.500 kasus virus corona yang dikonfirmasi dengan angka kematian 19 kasus.

Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield mengatakan rendahnya jumlah kasus baru dalam beberapa hari terakhir memberi keyakinan hilangnya virus itu dari Negara itu.

“Mengingat hanya ada satu kasus dalam beberapa hari ini memberi kami keyakinan bahwa kami telah mencapai tujuan pembasmian coronavirus”.paparnya.

Untuk sementara waktu, wabah itu bisa dikatakan telah hilang dari negaranya. Namun ia mengatakan “bukan tidak ada kasus baru. Yang penting, kita harus tahu asal usul kasus baru itu berasal untuk memudahkan pemerintah menangani,” (*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY