BERBAGI
jus buah-buahan

CENTRALBATAM.CO.ID – Menstruasi dialami oleh semua wanita yang sudah mencapai masa pubertas di seluruh dunia. Menstruasi dapat datang dengan berbagai gejala. Gejala-gejala ini biasanya dirasakan saat wanita mulai memasuki masa PMS atau Premenstrual Syndrome.

Di masa PMS, terjadi perubahan hormon pada wanita yang menyebabkan timbulnya sejumlah gejala, seperti perubahan nafsu makan, perubahan suasana hati atau mood, hingga nyeri di beberapa bagian tubuh. Nyeri, juga sering datang saat wanita sudah memasuki hari pertama menstruasi. Beberapa wanita bahkan mengeluhkan rasa nyeri yang luar biasa di perut bagian bawahnya, ketika hari pertama menstruasi datang.

Berikut ini merupakan empat jenis gangguan menstruasi yang bisa dialami oleh wanita, yakni:

  • Perdarahan uterus abnormal yakni perdarahan dari uterus yang keluar melalui vagina yang bisa membuat seorang wanita mengalami pendarahan dalam jumlah yang banyak atau sedikit, serta periode menstruasi yang memanjang atau tidak beraturan.
  • Premenstrual syndrome (PMS) adalah berbagai gejala fisik dan psikologis yang terkait dengan siklus menstruasi. Beberapa gejala fisik yang bisa timbul yakni kelelahan, kembung, payudara bengkak dan terasa nyeri, dan lain-lain. Sementara gejala psikologisnya meliputi ketidakmampuan untuk fokus, depresi, mudah tersinggung, marah, cemas, dan perubahan suasana hati.
  • Gangguan menstruasi yang membuat seseorang mengalami kram menstruasi yang parah, diare dan sakit kepala.
  • Gangguan disforik pramenstruasi yakni gangguan di mana seorang wanita mengalami gejala-gejala PMS yang lebih parah dan bahkan berlangsung sampai memasuki masa menstruasi, seperti perubahan mood yang lebih buruk, gangguan kecemasan, dan lain-lain.

Untuk bisa lebih nyaman menjalani masa PMS dan menstruasi, ada beberapa jus dengan rasa yang enak dan segar, yang juga bisa membantu Anda terbebas dari gangguan-gangguan terkait menstruasi ini. Apa saja?

Jus nanas Dan Wortel

Nanas dapat membantu meredakan kram menstruasi karena jumlah bromelain yang tinggi, yakni suatu enzim yang cukup membantu meredakan nyeri otot. Di sisi lain, wortel dapat membantu mengatur aliran darah, meredakan nyeri haid, dan membuat Anda tidak terlalu lelah selama berlangsungnya masa menstruasi.

Cara membuat: Dalam blender tambahkan beberapa potong buah nanas segar dan 2 buah wortel. Tambahkan sedikit air dan gula sesuai selera, dan haluskan nanas dan wortel hingga menjadi segelas jus segar.

Jus wortel, apel, dan lemon

Siapa yang tahu bahwa wortel, apel, dan lemon dapat menyediakan 25 persen dari kebutuhan harian Anda akan kalium, dan mineral yang berguna untuk meningkatkan mood? Jika Anda mengalami masa-masa PMS yang buruk, maka ada baiknya Anda mencoba jus ini sekarang juga.

Cara membuat: Dalam blender, tambahkan 3 buah wortel, 1 buah apel, 1 buah lemon dan sepotong jahe. Tambahkan air dan sedikit gula, kemudian haluskan semua bahan hingga menjadi segelas jus segar untuk Anda minum.

Jus apel dan jeruk

Minum jus apel dan jeruk sebelum datangnya siklus menstruasi akan membantu mengatasi kembung, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membuat Anda merasa lebih berenergi. Mengonsumsi jus ini akan membantu mencegah depresi dan gangguan kecemasan. Ini juga akan mencegah munculnya jerawat yang berhubungan dengan siklus menstruasi.

Cara membuat: Dalam blender tambahkan 1 buah jeruk berukuran sedang dan 1 buah apel berukuran sedang, tambahkan sedikit air dan gula, dan haluskan hingga membentuk jus segar yang siap diminum.

 

Article By Claudia Ramadhani

 

 

Sumber : 1health

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY