BERBAGI
Petugas RSUD Embung Fatimah Kota Batam saat mempersiapkan peti jenazah untuk membaw jasad pasien positif covid-19 meninggal dunia, Minggu (22/3/2020)

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Data tim gugus tugas Covid-19 Kota Batam pada Kamis, 22 April 2021 menunjukkan angka kematian akibat Covid-19 bertambah satu orang.

Angka ini turut menambah akumulasi angka kematian Covid-19 di Kota Batam menjadi 159 orang.

“Ya ada penambahan korban meninggal. Totalnya jadi 159 orang,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Kamis (22/4/2021).

Batam Kota menjadi kecamatan penyumbang angka kematian tertinggi dengan jumlah 42 kematian.

Di peringkat kedua ada Kecamatan Lubukbaja dengan 19 kasus kematian dan Kecamatan Sekupang, Batuaji dan Bengkong dengan masing-masing 15 kasus kematian.

Selanjutnya ada Kecamatan Sagulung 13 kasus kematian dan Kecamatan dan Batuampar 11 kematian.

“Selanjutnya Belakangpadang ada tujuh kasus meninggal,” jelasnya.

Data tersebut juga menunjukkan, angka terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini bertambah 38 orang.
Dimana sembilan orang terkonfirmasi bergejala dan 29 lain tanpa gejala. Dengan penambahan ini, maka jumlah kasus positif di Kota Batam telah menyentuh angka 6.722 orang.

Selain itu, tim gugus tugas juga mencatat penambahan kasus sembuh sebanyak 16 orang dengan jumlah keseluruhan sembuh 6.096 orang.

Baca Juga:  Warga Kecewa , Vaksin Hari Ketiga Kuota Penuh di Stadion Temenggung Abdul Jamal

Sementara itu jumlah pasien Covid-19 yang dirawat juga terus bertambah. Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam mencatat, sampai hari ini 467 orang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan di Batam.

“Memang ada peningkatan sejak beberapa hari terakhir,” tambah Didi.

Didi menambahkan, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang menjadi lokasi yang paling banyak menampung pasien terkonfirmasi Covid-19.

Tercatat di RSKI sebanyak 303 warga Batam dirawat disana.

Selain RSKI Galang, sebanyak 53 pasien lainnya dirawat di Rumah Sakit Awal Bros. Rumah Sakit Harapan Bunda 16 orang.

Sebanyak 15 orang di RSUD Embung Fatimah dan 14 di RS Elisabeth Batam Kota serta 10 orang lain di RSBP Batam dan isolasi mandiri.

Sementara itu bila melihat per kecamatan, Batam Kota menjadi kecamatan dengan jumlah pasien dirawat terbanyak yakni 127 orang.

Di posisi kedua Ada kecamatan Sekupang dan Batuaji dengan jumlah pasien dirawat sama-sama 67 orang. Di bawah itu ada Bengkong dengan 46 orang dirawat dan Sei Beduk dengan jumlah 43 orang dirawat.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Berlaku Hingga 25 Juli, Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Komitmen Jalankan Imbauan Pemerintah

Sedangkan Kecamatan Lubuk Baja dengan jumlah pasien dirawat 41 orang, dan Sagulung dengan 31 pasien.
Sementara itu Kecamatan Nongsa dengan jumlah pasien yang dirawat yakni 20 orang.

Kecamatan Belakangpadang salah satu kecamatan di hinterland yang berzona oranye dengan jumlah pasien yang dirawat 16 orang.

“Sementara dua kecamatan lainnya Galang berstatus kuning dan Bulang berstatus zona hijau,” tambahnya.

Kasus Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Batam kian bertambah. Pada Rabu (21/4/2021) terdapat satu temuan kasus Covid-19 meninggal dari Kecamatan Nongsa, Batam.

Pasien tersebut bernomor kasus 6704 dengan inisial Ny. NR. Ia adalah seorang ibu rumah tangga berusia 67 tahun yang tinggal di kawasan Kavling Punggur, Kabil, Nongsa.

Sempat mengalami keluhan sesak napas selama 3 hari, kondisi gejala kesehatan pasien semakin memburuk.
Setelah mendapat perawatan intensif di RS Elisabeth Batam Kota, pasien pun dinyatakan meninggal dunia.

Pasien meninggal dunia tersebut merupakan salah satu dari temuan 38 kasus baru Covid-19, Rabu lalu.
Sebagian besar pasien berkondisi tanpa gejala (Asimptomatik), namun terdapat pula sembilan pasien bergejala ringan hingga berat.

Baca Juga:  Ibu Peluk Jasad Anak Tiga Hari, Akhirnya Meninggal Dunia saat Isolasi Mandiri

Akibat adanya temuan kasus baru itu, saat ini angka kasus Covid-19 di Batam mencapai 6722 kasus, yang mana 6096 di antaranya telah sembuh, 159 meninggal dunia, dan 467 sedang dirawat.

“Kini tingkat kesembuhan kasus sebesar 90,6 persen, tingkat kasus aktif mencapai 6,9 persen, dan tingkat kematian 2,3 persen,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmardjadi.

Sementara itu, saat ini tujuh kecamatan masih berzona merah, yaitu Batam Kota dengan 127 kasus dalam perawatan, Sei Beduk 43 kasus, Sagulung 31 kasus, Batuaji 66 kasus, Sekupang 67 kasus, Lubuk Baja 41 kasus, dan Bengkong 46 kasus.

Dua kecamatan lainnya berzona oranye, yaitu Nongsa dengan 20 kasus, dan Belakangpadang 16 kasus. Kecamatan Galang dengan 1 kasus, dan Batu Ampar dengan 9 kasus masih berzona kuning. Sedangkan Kecamatan Bulang masih berzona hijau tanpa kasus Covid-19. (dkh)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan