BERBAGI
Ilustrasi gambar suasana kehidupan manusia.

Setelah menulis artikel kemarin dengan judul “Makan Pisang Setahun, Bisa berinvestasi Rp 100 Dari Utang, beberapa pesan singkat melalui Whatsap masuk. Ada yang sekedar berterimakasih, ada juga yang berkonsultasi.

Salah satu pesan singkat yang saya jawab pada adalah “Bagaimana cara bangkit dari keterpurukan” dari nomor ekor 5550. Karena beliau saat sedang membuka usaha Rental Mobil dan juga jual tiket pesawat. Sebenarnya, saya ingin membantunya menjual tiket pesawat melalui artikel ini dengan melampirkan nomor hapenya. Tapi karena saya pikir tidak baik tanpa minta izin terlebih dahulu ke orangnya.

Jadi baik kita langsung aja Ngopi dan Ngobrol menjawab pertanyaan beliau.

Berikut yang sobat lakukan agar bisa keluar dari keterpurukan atau kesulitan.

Menerima apapun yang telah terjadi, dan yakin anda mampu memperbaikinya. Jangan mencoba menyangkal bahwa anda saat ini sedang dalam kesulitan. Jika Anda tidak menerima bahwa anda sedang proses pemulihan, maka Anda tidak akan pernah melihat apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Jadi lah panglima perang atas diri anda! Tanpa kita sadari, hidup ini sebenarnya medan peperangan. Selain kita berperang melawan pesaing bisnis serta memenangkan hati pelanggan, kita juga berperang melawan diri sendiri.

Musuh utama kita adalah diri sendiri. Sebab, mustahil kita menaklukan gunung kalau tidak bisa menaklukan diri sendiri. Mustahil kita menaklukan orang lain jika kita tidak terlebih dahul menakluk diri sendiri.

Katakan pada diri anda sekarang juga bahwa mampu bangkit kembali dari keterpurukan. Dan percaya kemenangan akan kebangkitan kembali dari keterpurukan itu akan menjadi milik anda.

Kembangkan diri agar kerja anda semakin baik. 

Belajar dari kegagalan. Ketahui penyebab kegagalan (keterpurukan). Perbanyak belajar dari berbagai sumber. Sebab tidak jarang usaha untuk bangkit kembali butuh perjuangan extra (meskipun ada juga yang mudah). Dengan berbagai ilmu pengetahuan yang baik, kinerja kerja anda akan menjadi lebih baik. Dan pada akhirnya, usaha yang geluti saat ini semakin baik juga. Pelajaran yang paling baik yang perlu anda baca jika anda ingin menjadi pengusaha sukses adalah, wirausaha pastinya yang pertama, yang kedua Marketing. Kemudian, belajar juga management keuangan serta hubungan sosial.

Lihat kebelakang dan berlari menuju esok

Pikirkan kembali sesuatu yang mengerikan seperti susahnya tidak memiliki uang extra, susahnya jatuh-bangun dan lain sebagainya. Apakah Anda masih merasa semua kesusahan yang pernah anda rasakan saat itu? Jawabanya pasti tidak. Itu karena emosi kita mereda saat kita bergerak dan mendapatkan kehidupan yang sibuk. Miliki hal-hal lain untuk fokus dan terus bergerak menuju kehidupan yang anda inginkan.

Bersyukur pada kesulitan dan kesusahan yang kawan alami.

Pendidikan paling berharga adalah kesulitan itu sendiri. Karena dengan berbagai kesulitan, orang  melakukan apapun agar bisa keluar dari hal itu. Sebab pada umunya orang akan bekerja dua hingga 3 kali lipat agar dapat melompat keluar dari kesulitan. Sementara saat sedang senang-senangnya orang cenderung melakukan hal yang dilakukan orang pada umumnya.

Bersyukur pada kesulitan bukan berarti anda menetap pada keadaan itu. Tapi berssyukur karena melalui kesulitan itu anda bisa melakukan hal-hal yang belum pernah kawan sebelum. Dan kata Jhon X Maxwell “pertama-tama, anda membentuk kebiasaan. Setelah itu kebiasaan itu akan membentuk anda” 

Jadi semakin lama anda bisa bangkit, ada baiknya juga. Karena semakin lama anda bekerja dan belajar keras, semakin ia membentuk anda sebagai pekerja keras dan belajar kerja. Sehingga ketika anda berhasil keluar dari keterpurukan itu, anda semakin dekat dengan kesuksessan.

Jangan fokus pada diri sendiri

Jangan fokus pada masalah yang disebabkan oleh kesulitan untuk anda. Anda bisa aja mengakuinya sebentar, karena itu akan membantu anda mengetahui apa yang salah dan apa yang perlu anda lakukan untuk mengatasinya, tetapi jangan memikirkannya sepanjang hari. Jika Anda melakukannya, maka itu akan menyebabkan keputusasaan, Sehingga setiap keputusan anda tidak dapat mengambilnya.

Bekerja mengikuti Insting Anda

Jika anda memiliki ide dalam pikiran dan tidak pernah anda laksanakan, maka lama kelamaan akan hilang begitu saja. Jadi setiap ada ide, langsung jalankan sesuai arahan insting anda. Jangan mengikuti arus, karena hanya membuat anda menjadi follower. Tapi dengan bekerja berdasarkan naluri anda, percaya jalan selanjutnya itu akan terbuka.

Tetap Pada Jalur Yang Benar

Di mana pun kesulitan terjadi dalam hidup Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar. Apakah Anda mengikuti impian Anda? Apakah kamu jujur dengan dirimu sendiri? Apakah Anda bekerja menuju kehidupan yang Anda inginkan? Jika tidak, maka Anda perlu berada di jalur yang benar agar tetap termotivasi untuk mengatasi kesulitan.

Dan yang terakhir Mintan bantuan pada orang yang tepat.

Tidak ada manusia yang sempurna. Karena itu, kita harus meminta bantuan pada orang yang tepat. Karena jika tidak, arah kita menuju kebangkitan itu justru melenceng. Misalnya, coba bayangkan usaha anda saat ini adalah rental mobil. Lalu anda minta bantuan pada ahli tehnisi mobil. Ya, ada baiknya juga. Tapi bukan kah itu terlihat konyol ketika anda diajarin bongkar mesin?

Oleh:

Setianus Zai

Pemilik Kafe Ngopngob

dan Pendiri Lembaga kursus Bintanface

Dan bagi anda yang ingin mendapatkan konsulatasi
adan bisa hub saya di WA 0813 3375 5524 Mr Zai

Ikuti kami Di Youtube –> Blogger

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY