BERBAGI
Forum Kemanusiaan Peduli Rohingya (FKPR) Kepulauan Riau menggelar aksi damai | Foto : Den

CENTRALBATAM.CO.ID, TANJUNGPINANG – Forum Kemanusiaan Peduli Rohingya (FKPR) Kepulauan Riau, menggelar aksi damai sebagai wujud kepedulian atas kejahatan genosida yang berlangsung di Myanmar.

Kekerasan dan pembantaian Etnis Rohingya yang terjadi dinilai FKPR Kepri telah mencabik-cabik rasa kemanusiaan masyarakat dunia yang sedang berjuang menegakkan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Itu genosida, dan itu pelanggaran HAM berat!” seru orator aksi tersebut, Rabu (6/9/2017) siang.

Dia menyatakan kekerasan dan pembantaian sudah cukup banyak menelan korban jiwa, perempuan, anak-anak dan juga balita. Bahkan tidak kurang dari 3.000 orang terpaksa meninggalkan negerinya menuju ke perbatasan Bangladesh untuk mencari keselamatan.

“Negara Myanmar juga tidak bersedia menghentikan kekerasan, pembantaian dan praktek Genosida Etnis Rohingya. Negara Myanmar juga telah melakukan politik pembiaran terjadinya aksi kekeraan dan pembantaian ini,” katanya.

Tak hanya itu mereka menganggap negara Myanmar telah melakukan kejahatan luar biasa terhadap kemanusiaan (Crimes Againts Humanity), dengan secara terang-terangan melakukan aksi kekerasan dan pembantaian terhadap etnis Rohingya di depan mata masyarakat Internasional.

Negara Myanmar juga dianggap telah melanggar Universal Declaration of Human Rigth, yang disepakati Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 10 Desember 1948 silam.

“Atas pelanggaran HAM berat ini, Myanmar dapatlah dituntut di depan Mahkamah Internasional,” tegasnya.

Oleh karena pelanggaran yang terus berlarut-larut itu, Forum Kemanusiaan Peduli Rohingya Kepulauan Riau menyatakan sikap tersebut.

Pihaknya sangat mengecam kebiadaban yang menimpa umat Muslim Rohingya. Massa juga mendesak PBB untuk segera mengambil langkah langkah strategis penyelamatan Muslim Rohingya dan mengadili petinggi pemerintah Myanmar ke Mahkamah Internasional.

Mendesak Presiden RI untuk meningkatkan usaha-usaha diplomatik dalam membantu Muslim Rohingya di Myanmar.

“Lakukan segera wahai Pemerintah Indonesia, jangan sampai semakin banyak korban yang tak bersalah harus menerima kekejaman itu,” tandasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY