BERBAGI
wartrawan Central Batam.co.id sedang wawancara dengan salah satu Turis di Bintan beberapa waktu lalu

Oleh Setianus Zai

Saya hampir bosan mengajar beberapa murid yang saya ajarkan bahasa Inggris. Sebab, meskipun saya telah mengajarkan dengan cara yang sangat sederhana, namun tetap saja tidak bisa menggunakan beberapa materi yang saya berikan.

Namun karena saya menyadari umumnya murid yang saya ajarkan merupakan anak sekolah membuat mereka tidak begitu memahami meskipun saya beberapa kali memberitahukan bahwa saat ini bahasa Inggris sangat penting bahkan dibanding bahasa Indonesia sendiri.

Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak kita semua untuk melihat seberapa untung kah kita setelah mampu berbahasa Inggris berdasarkan pengalaman saya selama bekerja di hotel dan resorts (dalam dan luar negeri) seta pengalam menjadi guide selam 4 tahun.

Foto bersama beberapa staff di Hotel Agro

Tak kenal maka tak cinta, semoga dengan mengenal lebih banyak manfaat dari bahasa ini, kita bisa memberikan motifasi baik kepada anak, adik maupun terhadap diri kita sendiri.

Here we go. (Yuk kita mulai, ayo pergi, marilah, etc).

First : Bahasa Inggris paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Meskipun bahasa ini merupakan bahasa kedua terbanyak dipakai setelah bahasa Mandarin, namun bahasa ini justru lebih sering digunakan seluruh dunia karena lebih mudah dipahami dibanding dengan bahasa Mandarin.

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

Kedua : Bisa membuka peluang kerja disuluruh dunia.

Ketika seseorang bisa berbahasa Inggris, maka pintu kerja diseluruh dunia terbuka untuknya. Jadi jika ingin keliling dunia tanpa harus mengeluarkan biaya, maka pelajari lah bahasa Inggris. Sebab, jika anda diterima disebuah perusahaan di luar negeri, maka segala biaya perjalanan anda akan ditanggung oleh perusahaan.

Artinya, meskipun anda memiliki berbagai keahlian dibidang IT misalnya, tanpa kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris mustahil anda dapat meraih peluang bekerja di luar negeri.

Ketiga : Anda bisa menjadi karyawan idaman

Dengan kemampuan berbahasa Inggris akan mereflek perusahaan memberi tanggapan bahwa anda merupakan orang yang smart karena tidak semua orang bisa menggunakan bahasa Inggris.

Keliling dunia menjadi instructor

Dari pengalaman saya, meskipun tidak sempat lulus kuliah, namun selama 10 tahun (2002-2012) saya diberikan kepercayaan oleh beberapa perusaha Hotel dan Resorts baik dalam maupun luar negeri menjadi seorang pimpinan perusaha di level Manager hingga General Manager.

Bagaimana hal itu terjadi?

  • Setiap kali ada pertemuan atau kata kerennya Business meeting bersama general staff, saya selalu berupaya memaparkan kemampuan saya dengan menggunakan bahasa inggris. Dan disinilah umumnya peserta rapat menilai saya memiliki potensi untuk dipromosikan kejenjang yang lebih tinggi.
  • Dengan kemampuan saya berbahasa Inggris, saya mampu menawarkan beberapa product unggulan ataupun push item terhadap setiap pelanggan. Alhasil, saya mampu menjual produk meskipun itu merupakan produk yang berkualitas rendah.
  • Dengan kemampuan berbahasa komunikasi dalam bahasa Inggris, saya dipercayakan memimpin sebuah perusahaan karena dianggap mampu berkomunikasi baik terhdap pelanggan maupun terhadap klien atau patner bisnis.
Baca Juga:  Tidak Kantongi IMB, Camat Katang Bidara Minta Dinas Perizina Blacklist Kotage Kwansend Dan Hasim

Keempat : Memahami banyak informasi dan budaya.

Mencari informasi kesalah satu warga negara Amerika

Kemampuan berbahasa dapat membuat kita menyerap berbagai informasi seperti budaya sebuah negara. Untuk mengetahui budaya, kita cukup menanyakan kepada orang yang memiliki informasi dan budaya di negera asalnya.

Dengan pemahaman informasi dan budaya sebuah negara yang kita bisa mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh kita lakukan saat berada di luar negeri.

Kelima : Bisa menghadiri konfrensi Internasional

Jangan pernah berpikir bahwa kita tidak perlu menghadiri konferensi international. Sebab, anda bisa saja menjadi wakil dari daerah/perusahaan untuk menghadiri sebuah konferensi internasional yang sifatnya sosial atau pengumuman lowongan kerja diberbagai belahan dunia.

Keenam : Bisa memberikan akses ilmu pengetahuan tanpa batas.

Baca Juga:  Kodim 0315 Bersama Asparnas Kepri Melakukan Kegiatan Fogging

Sejak saya duduk di bangku SD, saya selalu mendengar bahwa pendidikan adalah jendela dunia. Hal itu benar, namun era teknology internet saat ini saya berani meyakinkan bahwa jendela dunia sesungguhnya adalah bahasa Inggris.

Dengan kemampuan berbahasa inggris, kita mampu menyerap berbegai ilmu pengetahuan baik dari website, maupun dari youtube chanel. Dan hal ini, bisa membuat seseora menjadi seorang profesor tanpa belajar pada guru yang nyata.

Ketujuh : Pengalaman yang luar bisa.

Kemampuan berbahasa inggris dapat membuat kita mendapatkan pengalaman yang luar biasa dengan orang-orang dari berbebagai negara.

Misalnya, pacaran memiliki pacar di sepuluh negara, punya teman untuk tukar informasi dan lain sebagainya.

Bersenang-senang dengan 2 turis cantik secara bersamaan

Yang terakhir, bagaimana dengan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini? Jawabanya, siapapun yang menguasai bahasa Inggris saya jamin akan keluar sebagai salah pemenang.

MEA adalah keuntungan bagi yang memiliki kemampuan berkomunikasi. Sedang bagi mereka tidak bisa apa-apa alias hanya menuntut dan menuntut pemerintah melakukan perubahan tanpa merubah dirinya akan tersingkir oleh waktu.

Semoga bermanfaat. (Ndn)

 

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY