BERBAGI
Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan menunjukan barang bukti pembakaran mesin ATM di Perayun jalan Raya Bukit Senang, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, dalam konfrensi pers, Selasa (29/12/2020)

CENTRALBATAM.CO.ID, KARIMUN – Pelaku pembakaran tiga unit mesin ATM di Perayun jalan Raya Bukit Senang, Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, telah menyiapkan uang pengganti.

Uang dengan pecahan Rp 1000 itu sebagai pengganti uang yang sudah diambil DH pelaku pembakaran mesin ATM.

“Pelaku sudah siapkan uang seribuan sebagai uang penganti untuk menutupi uang yang diambil,” kata Kapolres Karimun AKBP Mumhammad Adenan dalam konfrensi Pers, Selasa (29/12/2020).

DH sendiri menggondol uang dalam ATM sebanyak Rp 810 Juta. Uang tersebut diketahui untuk digunakan di salah satu platform investasi berbasis aplikasi yaitu Binomo.

“Total Rp 810 juta, uang itu semuanya digunakan untuk bermain saham di Binomo. Kita hanya berhasil menagamankan uang sebesar Rp 2.500.000 dan uang seribuan. Uang seribuan ini digunakan pelaku untuk menutupi uang yang diambilnya di ATM,” ucap Adenan.

Baca Juga:  11 Guru di Belakangpadang Dapat Penghargaan Karya Satya dari Presiden, Jefridin : Selamat Atas Penghargaan yang Diterima

Adenan menyebutkan, pelaku membakar mesin ATM itu dengan cara menyiramnya dengan bensin dan kemudian dibakar. Selain itu, pelaku yang telah mengetahui tempat tersebut juga memutuskan kabel kamera pemantau CCTv.

“Agar tidak diketahui aksinya, pelaku memutus kabel kamera CCTv, sehingga perbuatannya tidak terekam,” katanya.

Pelaku dalam aksinya telah merencanakan lebih dulu, tepatnya 3 hari sebelum terjadinya kebakaran itu. Pelaku telah lebih dulu melakukan pemotongan kabel CCTv serta menyiapkan uang pengganti untuk menutup uang yang telah ia ambil.

Adenan mengungkapkan, pelaku juga saat melakukan pembakaran telah memanipulasi kejadian dengan meninggalkan besi dan linggis, jadi seolah-olah ada dugaan tindak pidana murni dimana uang di ATM itu telah diambil.(ayf)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY