BERBAGI
Ilustrasi pencairan dana SPKP

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Sebanyak Rp 450 juta dana bergulir Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP) Toapaya untuk tahun 2017,  akan segera dicarikan oleh  Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Toapaya pada Maret mendatang. Dana yang akan dicairkan sebesar Rp450 juta kepada anggota kelompok SPKP Toapaya.

Diharapkan dengan dicairkannya dana bergulir ini dapat menambah kemajuan  usaha anggota SPKP.

Kepala BKAD Toapaya Asroni mengakatan, dana untuk tahun 2017 baru bisa dicairkan pada Maret mendatang. Keterlambatan pencairan ini karena banyak anggota SPKP yang belum melunasi pinjamannya di tahun 2016.

Dia menuturkan, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Toapaya  rencana perguliran dana tahun 2017 akan dilakukan sebanyak delapan kali perguliran. Tim verifikasi dana bergulir dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun, yakni Januari, Mei, dan November.  Untuk dana yang akan cair sudah terverifikasi pada bulan Januari lalu.

Baca Juga:  Jelang Musim Kemarau, Kapolres Bintan; Membakar Hutan Ada Pidananya.

“Insallah, Maret ini akan segera dicairkan sebesar Rp450 juta untuk SPKP Toapaya. Sebenarnya untuk penyaluran dan pencairan biasanya dilakukan setelah habis masa angsuran kelompok tersebut” ujar Asroni, Minggu (12/2/2017).

Ia menjelaskan, UPK Toapaya rencana anggaran dan pendapatan biaya tahun 2017 dengan rincian anggaran pendapatan sebesar Rp195.456.000, sedangkan anggaran biaya sebesar Rp134.494.900.

“Adanya pembengkakan karena tidak adanya surplus yang dibagikan setelah adannya pembengkakan dana,” ungkapnya.

Sementara, Ketua PNPM Toapaya Irwan menambahkan, dana yang hendak dicairkan merupakan usulan dari anggota SPKP. Dia mengatakan, dana simpan pinjam mayoritas untuk usaha pertanian dan home industri seperti usaha pembuatan kue, makanan, dan lainnya sebagainya. Saat ini, kata dia, sebanyak 45 kelompok SPKP di Toapaya dengan jumlah peserta 2076 orang. Dia menyampaikan, khusus Toapaya mayoritas  warga  Toapaya Asri dan Toapaya Selatan. Pelakunya diberikan kesempatan untuk ikut dalam program ini maksimal tiga kali.

Baca Juga:  Kodim 0315 Bersama Asparnas Kepri Melakukan Kegiatan Fogging

“Jadi dana yang segera cair itu merupakan usulan dari kelompok anggota SPKP,” pungkasnya. (NdN)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY