BERBAGI
Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

CENTRALBATAM.CO.ID, BENGKALIS – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 0303 Bengkalis secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni dan dihadiri langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, S.AP serta seluruh tamu undangan dari jajaran Korem 031, Rabu lalu (11/5). Pasca dibuka, seluruh program kegiatan fisik maupun non fisik mulai digesa.

Sasaran fisik berupa semenisasi jalan Sekolah Dusun III Air Hitam, pembuatan Box Culvert di jalan Sekolah dan jalan Acehan, Desa Semunai, bahkan peningkatan jalan Kelompok Tani Banjaran di Dusun III Sialang Muda, Desa Muara Basung menjadi Base B turut dikerjakan oleh tim Satgas yang berasal dari berbagai kesatuan jajaran Korem 031 Wira Bima, termasuk Kodim 0303 Bengkalis sebagai tuan rumah alias penyelenggara.

Selain itu, beragam program kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, pendidikan, pencegahan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, pengentasan Stunting, penggebrakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif, edukasi wawasan kebangsaan, Pancasila dan cinta Tanah Air serta ajakan untuk merawat Kebhinekaan turut digencarkan di tengah lingkungan masyarakat Desa Semunai dan Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau.

Tak henti disitu saja, program penyambungan dan pemasangan meteran listrik gratis juga dipadukan dalam rangkaian giat TMMD ke-113. Benar, lewat karya nyata Satgas TMMD Sersan Mayor (Serma) Suprapto, wilayah Sialang Rimbun, Desa Muara Basung kini bisa menikmati terangnya cahaya kala malam menjelma.

Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

Lewat koordinasi dan sentuhan humanis Serma Suprapto, wilayah yang dihuni ribuan Kepala Keluarga (KK) itu akhirnya terjangkau aliran listrik. Hal itu dikerjakan sang Bintara Pembina Desa (Babinsa) Suprapto lewat sinergitas yang dijalin bersama jajaran PT PLN ULP Duri, Bengkalis – Riau.

“Berkat kerjasama Koramil 03 Mandau, Distrik (Kodim) 0303 Bengkalis dengan PT PLN ULP Duri, sudah cukup banyak rumah warga yang berhasil dijangkau dipasangi meteran listrik gratis. Alhamdulillah, saat ini wilayah Sialang Rimbun, Desa Muara Basung jauh lebih maju dan terang dari sebelumnya. Ini semua berkat sinergitas Babinsa, Satgas TMMD dan PT PLN ULP Duri serta dukungan dari masyarakat,” kata Serma Suprapto, Babinsa Desa Muara Basung, Jumat (13/5).

Baca Juga:  DPRD Dorong Peningkatan Kinerja OPD, PAD Batam Turun Rp 53 Miliar

Sebelumnya, kata Serma Suprapto, cukup banyak anak-anak yang memaksakan diri untuk tetap belajar dalam ruangan minim penerangan. Meski berbekal lampu colok (semprong, red), setiap anak tetap semangat menimba ilmu dan mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan guru dari sekolah.

Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

Namun kini, aliran listrik PLN telah menjangkau masyarakat bahkan sampai ke titik pedalaman sekalipun. Berkat sinergitas Satgas TMMD ke-113 dan PLN ULP Duri, rumah-rumah warga dapat diterangi cahaya lampu tanpa adanya kendala dan gangguan.

Atas sisi kreatifitas dan aksi nyata sang Babinsa, anak-anak di desa itu kini dapat belajar dengan sungguh diterangi binaran lampu hasil pemasangan meteran listrik gratis oleh Serma Suprapto dan PT PLN ULP Duri.

“Sejak adanya program kerjasama TNI dan PLN sempena TMMD ke-113 ini, sudah banyak warga yang dapat menikmati manfaat dari aliran kelistrikan yang dipasangkan secara cuma-cuma oleh PT PLN ULP Duri. Sinergitas yang terbangun sangat baik dan tentunya memberi manfaat yang besar bagi masyarakat di wilayah Sialang Rimbun, Desa Muara Basung,” tutur Suprapto.

Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

Light up the Dream

Dikonfirmasi lebih dalam, Manajer PT PLN ULP Duri, Susrino turut membenarkan rangkaian tindakan dan kegiatan terkait pemasangan meteran listrik gratis ke rumah-rumah warga di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau.

Susrino menerangkan, program pemasangan instalasi meteran listrik secara gratis ke rumah-rumah penduduk di Desa Muara Basung ini ditaja sempena program TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis dengan tema “Light up the Dream” alias Nyalakan Mimpi lewat terangnya kehidupan yang dialiri daya listrik.

“Jadi, program ini adalah inisiatif rekan-rekan sesama pegawai di PT PLN ULP Duri. Kami patungan atau saling menyisihkan rezeki, setelah cukup dana, barulah kita salurkan bantuan berupa meteran listrik gratis bagi masyarakat. Nah pada kondisi ini, Serma Suprapto turut andil sebagai Satgas TMMD yang berinisiatif mendata setiap Kepala Keluarga (KK) yang sama sekali belum dialiri daya listrik kediamannya. Sinergitas Satgas TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis dan PT PLN ULP Duri ini akhirnya kita wujudkan dengan menerangi setiap sendi kehidupan masyarakat di Desa Muara Basung,” kata Susrino.

Baca Juga:  Dewan Soroti Angka Kemiskinan Meningkat, Pansus DPRD Batam Laporkan Evaluasi LKPj Pemko Batam 2021
Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

Pulihnya sistem penerangan atas bantuan meteran listrik gratis hasil kolaborasi tim Satgas TMMD dan PT PLN ULP Duri seolah membawa secercah sinar dan harapan bagi masyarakat, terkhusus kaum cendikias (pelajar, red) sejak dari pendidikan anak usia dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Menengah Pertama (SMP), bahkan Menengah Atas (SMA).

Sedari awal memaksakan diri mengenyam ilmu dengan membaca buku dibawah cahaya remang, kini berubah jadi binaran cahaya lampu yang terangi jalan setiap siswa yang haus ilmu demi menggapai mimpi yang lebih cerah. Hal ini dinilai senada dengan tema program Light up the Dream yang digesa oleh Satgas TNI Manunggal Membangun Desa dan jajaran PLN ULP Duri.

“Kami lega, program yang kita jalankan ternyata membawa manfaat luas bagi masyarakat. Kolaborasi TMMD dan PT PLN ULP Duri berhasil menerangi setiap rumah di wilayah sasaran. Anak-anak yang dulunya belajar pada situasi remang cahaya, kini berpuas hati dan berlomba menggali ilmu pengetahuan lewat membaca buku tanpa memaksakan indera penglihatan, sebab distribusi listrik berhasil menjangkau dan menerangi kehidupan masyarakat,” ungkap dia.

Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

Berdampak Ekonomis

Selain pada sektor pendidikan, bantuan meteran listrik gratis kolaborasi TNI dan PT PLN ULP Duri juga disinyalir berdampak positif pada geliat ekonomi masyarakat. Kehadiran daya listrik dianggap membantu menumbuhkan potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Bengkalis – Riau.

Renti Aminah (35), salah seorang penerima manfaat meteran listrik gratis turut mengakui hal itu. Ia menegaskan, sejak kediamannya dialiri daya listrik, geliat usaha ‘Micro Home Industry’ berupa pembuatan aneka kue kian maju.

Sedari awal menggunakan alat pengocok adonan manual, kini Renti dapat mengoperasikan mixer elektrik untuk mengadon adonan kue. Secara otomatis, ia lebih hemat waktu dan dapat menghasilkan atau membuat lebih banyak jenis kue dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Salah Satu Pelaku Perampasan Dan Pengeroyokan Masih Berkeliaran Di Sekitar Kantor Polsek Tanjungpinang Timur
Satgas TMMD bawa ‘Terang’ ke Sialang Rimbun | Foto: Bres

“Kemarin-kemarin pakai mixer kocok (manual, red), sekarang pakai mixer listrik. Jauh lebih efisien dan hemat waktu, alhamdulillah rezeki semakin mengalir deras,” kata Renti sumringah.

Tak hanya itu saja, pegiat aneka minuman dan jus juga mengaku terbantu. Kini, blender dapat dioperasikan dengan mudah, tanpa perlu menyalakan generator setting (Genset) terlebih dahulu. “Kemarin kalau mau buat jus untuk dijual harus hidupkan Genset dulu, sekarang tinggal colok ke terminal listrik, langsung nyala (blender, red). Jauh lebih mudah sekarang ini, terima kasih Satgas TMMD Kodim 0303 Bengkalis dan PT PLN ULP Duri, rumah dan usaha saya jauh lebih mau saat ini,” ujar Seruni, pegiat UMKM lainnya di wilayah tersebut.

Dansatgas TMMD: Mantap!

Akan sisi kreatif dan kolaboratif Serma Suprapto, sang Babinsa 03 Mandau yang juga tergabung dalam Satgas TMMD ke-113 Kodim 0303 ini, Komandan Satgas (Dansatgas) Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto turut menghaturkan ungkapan bahagianya.

Dansatgas TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis di jalan Kelompok Tani Banjaran | Foto: Bres

Dia senang mendengar kinerja kreatif yang ditorehkan prajuritnya bersama tim dari PT PLN ULP Duri. Menurutnya, mengalirkan daya dan meteran listrik gratis ke rumah-rumah warga setempat adalah tindakan mulia yang patut dan wajib diapresiasi.

“Mantap itu, sangat menginspirasi. Sosok Babinsa yang juga tergabung dalam tim Satgas TMMD Kodim Bengkalis ini mampu menerangi wilayah Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau lewat kolaborasi yqng dijalin dengan PT PLN ULP Duri,” kata Letkol (Inf) Endik mengapresiasi kinerja Serma Suprapto.

Ia menegaskan, anak-anak sekolah tak lagi belajar dalam remang cahaya. Hal yang lebih baik, adalah sisi dan potensi UMKM yang juga meningkat akan kehadiran daya listrik sempena TMMD ke-113 di Desa Muara Basung.

Dansatgas TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto | Foto: Bres

“Alhamdulillah, masih ada sisi kreatifitas prajurit kita sampai sepeduli ini. Terima kasih prajurit petarung, jasamu sangat luar biasa membawa terang cahaya ke Sialang Rimbun. Dengan ini pula, kita berharap pemasangan meteran listrik gratis ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima manfaat. Semoga membantu dan meningkatkan sisi ekonomis di tengah masyarakat. Semoga bermanfaat,” tukasnya. (Bres)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY