BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) saat ini fokus mengembangkan desa wisata. Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan bahwa desa wisata telah menjadi tren pariwisata, yang menawarkan pengalaman liburan di tengah lingkungan santai dan sehat. Saat kunjungan ke Desa Ekang Anculai, dirinya mengatakan bahwa destinasi wisata di Bintan sudah berkembang dan maju.

” Desa wisata menjadi keunggulan yang kompetitif dalam memajukan ekonomi kreatif dan memajukan perekonomian masyarakat setempat ” ujarnya, Sabtu (23/1)

Diketahui saat ini, Kemenparekraf sangat fokus terhadap perkembangan desa wisata. Sesuai RPJMN 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan setidaknya sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan bahwa manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata tentunya akan langsung memberikan dampak positif bagi meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Selain itu manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata lainnya adalah dapat menghidupkan budaya, tradisi atau lingkungan adat sebagai salah satu komoditas wisata budaya lokal yang juga menjaganya agar tetap lestari.

” Desa Wisata saat ini menjadi opsi dalam meningkatkan potensi keindahan alam di Bintan. saat ini kecenderungan minat wisatawan yang mulai beralih pada wisata alam tentunya juga memberikan angin segar bagi pelaku wisata desa itu sendiri ” tegasnya

Bupati Bintan, Apri Sujadi menegaskan bahwa perkembangan sektor desa wisata diharapkan mampu memberikan pengaruh positif secara makro kepada masyarakat seperti halnya meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat.

“ pendirian Desa Wisata ini seyogyanya sebagai upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat yang kita kembangkan dengan melihat potensi yang kita miliki. Saat ini, hampir separuh desa-desa di Bintan, sudah mulai berkembang dan maju dengan keunggulan potensi menjadi desa wisata dan salah satunya Desa Ekang Anculai ini ” tutupnya

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY