BERBAGI
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin dan Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman disela-sela meninjau pelabuhan dalam persiapan menyambut kebijakan pemerintah pusat membuka akses wisatawan mancanegara masuk ke Kepri

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Provinsi Kepri siap menyambut kebijakan pemerintah pusat, untuk membuka akses wisatawan mancanegara datang.

Hal itu disampaikan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin disela-sela meninjau pelabuhan Nongsa Pura, Bandar Udara Hang Nadim dan Pelabuhan Internasional Sekupang. Ikut serta dalam peninjauan itu, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Pjs Wako Batam, Syamsul Bahrum dan lainnya, Selasa (20/10/2020).

“Saya pikir, daerah ini siap menyambut kebijakan pemerintah pusat, untuk membuka akses. Bukan hanya bisnis to bisnis, institusi atau diplomat,” kata Bahtiar.

Bahtiar mendorong agar akses tidak hanya dibuka terbatas untuk bisnis dan pemerintah. Namun juga wisatawan dari Singapura. Namun masih terbatas dan belum masuk sampai ke masyarakat umum.

“Jadi kami sekarang, justru mendorong dorongan yang lebih luas. Tapi mungkin skalanya tidak terlalu besar. Tapi bagaimana daerah ini juga (hidupkan) daerah wisata,” harapnya.

Saat ini Batam membutuhkan dukungan untuk menghidupkan pariwisata. Ketika daerah Kepri terkunci dari perdagangan dan pariwisata, maka ekonomi nasional juga terdampak.

“Karena hasil ekonomi dari kawasan ini berkontribusi besar terhadap pemasukan APBN. Kontribusi daerah kami (Kepri) terhadap PDRB Rp 40 triliun. Terbesar setelah Jakarta,” imbuhnya.

Diakui, ketika akses ke Batam dibatasi, maka dampaknya tidak hanya kepada pemerintah, namun masyarakat.

“Sehingga tidak hanya berkontribusi masyarakat, namun juga pendapatan negara,” bebernya.

Demikian, jika akses wisatawan dibuka, maka kewajiban pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan. Pihaknya juga dijanjikan akan patuh dan menyesuaikan aturan sesuai protokol kesehatan.

“Kalau kita buka, kita akan buka berdasarkan protkes yang tinggi. Kami datang ke sini mengamankan kebijakan ke sini,” janjinya.(*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY