BERBAGI
Warga RW 003 Kelurahan Batu IX Kota Tanjungpinang Goro Perindah Lingkungan

CENTRALBATAM.CO.ID, TANJUNGNPINANG – Minimnya tempat penampungan sampah, membuat warga yang berada di RW 003 Kelurahan Batu IX Kota Tanjungpinang, membersihkan lingkungan, Minggu (11/4/2021).

Gotong royong (goro) massal hampir diakukan setiap minggunya, untuk membesihkan lingkungan dari sampah yang berserakan tiap sudut.

Ketua RW 003 Kelurahan Batu IX Kota Tanjungpinang, Sobari kagum dengan upaya dilakukan warga untuk membangun tempat penampungan sampah agar lingkungan tanpak bersih.

Sampah yang berterbaran di lingkungan warga langsung dibersihkan dan ditampung sementara di bak sampah yang dibangun bersama secara gotong royong.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh perangkat RT di bawah naungan RW 003. Kami bangga kepada masyarakat RT 004 yang kompak dan tidak putus asa untuk mengangkut sampah yang berserakan di Jalan Garuda, demi menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, untuk menyambut bulan suci Ramadhan,” katanya.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Berlaku Hingga 25 Juli, Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Komitmen Jalankan Imbauan Pemerintah

Sobari mengatakan bak sammpah yang ada di jalan Abadi, dibangun berkat kersama dan swadaya dari masyarakat RW 003. Dia mengimbau kepada warga agar membuang sampah di bak sampah yang sudah tersedia walupun volume bak sampah tersebut masih kecil.

Sobari mengaku beberapa warga menanyakan kepadanya terkait kapan dibangunya bak sampah di Jalan Garuda. Karena menurut warga, lahan sudah disiapkan dan warga patungan menjadi donatour, sebelum Sobari menjabat sebagai Ketua RW 003.

“Kami mengharap agar lahan tersebut cepat diselesaikan sehingga bisa kita bangun bak sampah dan bisa di manfaatkan masyarakat untuk tempat pembuangan sampah setidaknya dapat mengurangi sampah berserakan di jalan,” katanya.

Baca Juga:  15 Pasien Covid-19 Meninggal, Batam Tambah 350 Kasus Positif

Aben salah satu kordinator Kampung Sidojasa sangat mengapresiasi masyarakat yang bisa menciptakan ide untuk lingkungan dengan dana swadaya dan gotong royong. Tidak hanya bak sampah, warga juga bisa membuat gapura surau As-Sidiq yang di ketuai oleh Asropin untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

“Semoga masih ada lagi warga yg kreatif untuk lingkungan, kita jangan manja ke pemerintah, karena pemerintah bukan cuma kita saja yang dipikirkan. Jikalau anda bisa mandiri berbuat baik untuk lingkungan, silahkan lakukan, pemerintah pasti akan bangga terhadap kita,” tutupnya.(leo)

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan