BERBAGI
Pakar hukum dari Universitas Andalas, Padang, Saldi Isra dipilih untuk menggantikan posisi Patrialis Akbar | Foto : Nay

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA – Presiden RI, Joko Widodo akhirnya memutuskan dan memilih pakar hukum dari Universitas Andalas, Padang, Saldi Isra sebagai hakim yang menggantikan posisi Patrialis Akbar.

Saldi Isra disebut telah menjalani berbagai program dan tes seleksi yang digelar oleh panitia seleksi (Pansel). Sebagai imbalan atas ketekunannya, ia pun menakhlukkan beberapa kandidat lainnya dan menduduki posisi yang pernah dijabat oleh Patrialis Akbar, salah seorang Hakim MK yang tersandung dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor).

Informasi tersebut turut dibenarkan oleh Ketua Panitia Seleksi Hakim MK, Harjono saat dikonfirmasi. Dengan mantap ia menegaskan bahwa Saldi dipilih oleh Presiden dan selanjutnya akan melanjutkan beberapa proses kedepannya. “Iya, sudah, Pak Saldi dipilih Presiden,” kata Harjono, Sabtu (8/4/2017).

Baca Juga:  Februari ini "Si Tol Laut" Resmi Beroperasi di Bintan. Ini Mamfaatnya

Sesaat setelah dipilih, Wakil Ketua KPK RI, Laode M Syarif berharap Presiden tidak salah dalam menentukan pilihan. “Ya kami sih berharap pilihan Presiden tidak salah. Semoga menjadi pilihan yang tepat dalam membawa morla bangsa ini menjadi lebih terpandang,” ucapnya.

Adapun nama para calon kandidat Hakim MK, lanjutnya, yang semula hendak menggantikan posisi Patrialis Akbar, yakni:

1. Saldi Isra, seorang pakar hukum.
2. Bernard L Tanya, seorang dosen di Kupang, NTT.
3. Wicipto Setiadi, yang telah purnatugas dari Kementerian Hukum dan HAM.

Dia juga mengatakan, Panitia Seleksi sebelumnya telah melakukan background check ke KPK. Ketiga nama tersebut pun sudah melewati background check di beberapa instansi terkait.

Baca Juga:  Jelang Musim Kemarau, Kapolres Bintan; Membakar Hutan Ada Pidananya.

“Ketiganya sudah melewati proses background check, baik itu di PPATK, KPK, Kepolisian RI, Kejaksaan, bahkan masyarakat,” ujar Laode.

Sebagai hasil akhir, nama Saldi lan yang disebut Presiden Joko Widodo untuk menduduki posisi tersebut.

“Intinya, semoga yang dipilih mampu lebih baik daripada yang sebelumnya,” tuturnya.

Untuk pelantikan Saldi Isra sebagai hakim MK, disebut akan digelar di Istana Presiden, Jakarta, pada Selasa (11/4/2017) pekan depan.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY