BERBAGI
Toni bersama staff RSUD Bintan

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan berhasil menurunkan angka pasien penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Bintan. Penurunan ini tidak lain karena kerja keras pihak RSUD Bintan bersama Dinas Kesehatan dalam melakukan sosialiasi DBD selama setahun terakhir.

Berdasarkan hasil yang dikumpulkan oleh Survelen RSUD Bintan selama 2018 terdapat 123 pasien. Sementara untuk tahun 2019 ini baru terdapat sekitar 23 pasien DBD.

Angka 73 ini dikatakan menurun berdasarkan pada bulan yang sama. Sebab antara Maret hingga Juni biasanya pasien DBD mengalami peningkatan.

Humas RSUD Bintan, Toni menyampaikan, angka 73 disumbang pada bulan January 2019 yakni sebanyak 29 dan bulan February sebanyak 18.

“Terus bulan Maret hingga Juni ini jumlahnya tidak sampai sepuluh orang tiap bulannya. Terus menurun karena kesadaran masyarakat setelah kita melakukan berbagai sosialisasi,” ujarnya, (14/6/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Dr Gama Isnaini menyampaikan, bahwa ditengah memasuki musim penghujan yang menerpah Wilayah Bintan memang ada beberapa warga yang terjangkit penyakit DBD.

Maka dari itu warga Bintan di himbau untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.

Pasalnya, pada musim hujan populasi nyamuk demam berdarah sangat cepat berkembang biak dan biasanya serangan demam berdarah akan mudah datang sehingga dibutuhkan langkah untuk pencegahannya.

Sebab penyakit tersebut bukanlah penyakit yang hanya bisa menimbulkan demam bagi si penderita. Namun, kedua penyakit itu juga bisa menyebabkan kematian jika tidak dilakukan penanganan yang baik.

“Karena itu kami imbau masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan,”terang Gama.

Ia juga menjelaskan, untuk mencegah penyakit tersebut, dapat dilakukan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar, atau lebih populer dengan cara 3 M Plus yakni, menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang berpotensi menampung air hujan, plus menggunakan pembasmi nyamuk di rumah.

Sebab untuk menekan jumlah penderita DBD tidak ada cara lain selain dengan menerapkan 3M plus tersebut di dalam kehidupan masyarakat setiap harinya.

“Karena langkah 3M plus yang tepat untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk berkembang disekitaran rumah masyrakat,” pungkasnya (Ndn).

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY