BERBAGI
Pj Sekda Bintan, Rony Kartika

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan terus melakukan berbagai terobosan untuk membangkitkan ekonomi di Bintan. Salah satu terobosan yang ciptakan kali ini yaitu aplikasi “Si Ikan”. 

Pj Sekda Bintan, Rony Kartika mengatakan aplikasi ini dibuat atas perintah Bupati Bintan, Roby Kurniawan sebagai bentuk bentuk kepedulian Pemkab Bintan terhadap pembudidaya ikan.

“Hadirnya aplikasi ini sebagai bentuk kepedulian pak Bupati terhadap pembudidaya ikan. Beliau melihat Bintan memiliki potensi yang sangat besar di bidang perikanan. Sehingga perlu suatu terobosan untuk mengembangkan potensi ini sebagai salah pendukung Bintan Bangkit,”ujarnya, Selasa (18/8)

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya aplikasi Si Ikan, pembudidaya akan mendapatkan banyak manfaat yang luar biasa. 

“Salah satunya ketika proses pemasaran tidak berjalan secara stabil atau mengalami penurunan, maka Dinas Perikanan akan memberikan evaluasi dan pembinaan dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi. Selain itu, masih banyak manfaat yang didapatkan pembudidaya ikan dengan adanya aplikasi hebat ini,” lanjutnya.

Masih jelas Rony, Bupati Bintan sangat berharap Aplikasi Si-Ikan dapat segera disosialisasikan secara terstruktur baik ke internal jajaran pemerintah, serta lapisan masyarakat. 

Bahkan ia berharap kedepannya,  aplikasi Si Ikan dapat terus berkembang selain sebagai sistem informasi tetapi juga sebagai wadah bagi pembudidaya ikan untuk menjual ikan segar maupun produk olahan ikan secara online.

Secara rinci, aplikasi Si Ikan dirancang untuk menunjang sistem informasi mengenai data-data pembudidayaan ikan yang ada di Kabupaten Bintan, baik berupa persebaran budidaya ikan serta data terstruktur mengenai turun naiknya tingkat pemasaran bagi setiap pembudidaya Ikan. Aplikasi ini juga memiliki fungsi kuat bagi Pemerintah, dimana aplikasi ini berisi database pembudidaya ikan yang akurat, sehingga Aplikasi Si Ikan dapat membantu dalam mempermudah mengidentifikasi data pembudidaya, memudahkan akses penyimpanan serta meminimalisir adanya data ganda pembudidaya. 

“Jangan khawatir terkait masalah keamanan, Si Ikan ditunjang dengan keamanan data sehingga data-data yang ada akan terjamin dengan aman dan hanya dapat diakses oleh pihak yang memiliki izin saja”pungkasnya. (Ndn)

Baca Juga:  Tahun 2023, Nelayan se-Kepri Terlindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY