BERBAGI
Penutupan TMMD ke-113 di wilayah Kodim 0303 Bengkalis | Foto: Bres

CENTRALBATAM.CO.ID, BENGKALIS – Mewakili Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Ahcmad Daniel Chardin, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung secara resmi menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 di wilayah Kodim 0303/Bengkalis, Kamis (9/6).

Penutupan rangkaian kegiatan kemanunggalan TNI dengan masyarakat itu digelar di Gedung Serbaguna Hj. Nuryah, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau dan dihadiri Dandim 0303/Bengkalis Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto, Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati Bagus Santoso, Kadis Perkimtan Supardi, perwakilan Kapolres dan Kajari Bengkalis dan seluruh pejabat utama di lingkungan Kodim 0303/Bengkalis.

Tanggapi telah berakhirnya pelaksanaan TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis, Mayor (Kav) Sukri Hendri, S.Kom selaku Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 031/Wira Bima mengapresiasi. Ditegaskannya, seluruh kegiatan yang dilakukan sangat beragam dan menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Rangkaian kegiatan fisik maupun non fisik yang dikemas dalam program TMMD ke-113 oleh Kodim 0303 Bengkalis telah selesai diselenggarakan. Hasilnya sangat baik dan memuaskan, masyarakat banyak mendapat manfaat baik. Akan hal itu, kita dukung dan apresiasi setinggi-tingginya,” kata Mayor (Kav) Sukri Hendri, S.Kom.

Menurutnya, peningkatan jalan, semenisasi dan pembuatan box culvert sangat membantu masyarakat dalam berbagai bidang, terkhusus dalam mendistribusikan hasil kebun dan pertanian.

Tak hanya itu, anak-anak juga sangat dimudahkan dalam menjangkau sekolah akan kelaikan jalan dan box culvert. Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi kemanunggalan Kodim 0303 Bengkalis dengan masyarakat di Desa Muara Basung dan Semunai, Kecamatan Pinggir.

Baca Juga:  Rudi Kukuhkan Paskibra Tingkat Kota Batam Tahun 2022

“Luar biasa, sangat kita apresiasi. Setiap lini terdampak. Sosial, Ekonomi, konektivitas jalan dan perkampungan serta sekolah terjaga dengan baik. Kemudian, yang lebih luar biasanya lagi, anak-anak lebih mudah menjangkau sekolah atas perbaikan dan peningkatan jalan. Sangat kita apresiasi,” ujarnya.

“Hal yang lebih kita salutkan, adalah maraknya dukungan publikasi dari rekan-rekan media atau insan pers yang mengangkat pemberitaan terkait kegiatan TMMD. Atas keterlibatan awak media, kami haturkan terima kasih,” imbuhnya.

Sebelumnya, Brigjen Parlindungan Hutagalung menegaskan, produk-produk kemanunggalan TNI yang telah diakomodir dalam program TMMD menjadi penanda kuat bahwa TNI tetap setia dan sepenuhnya menunaikan pengabdiannya di tengah masyarakat.

“Bahwa titik tertinggi yang menandai kesuksesan TMMD adalah terwujudnya kesejahteraan di tengah masyarakat. Selain itu, produk-produk yang dihasilkan dan pelayanan yang ditunaikan bermanfaat luas bagi seluruh elemen atau lapisan masyarakat. Tak hanya itu, setiap kegiatan yang dijalankan harus bersifat membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam memajukan Desa-desa yang memerlukan konektivitas lebih terpadu, oleh karenanya TNI hadir dalam program TMMD untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ungkap Danrem 031/WB membacakan amanat Panglima Kodam.

“Atas terselenggaranya TMMD ke-113 oleh Kodim 0303 Bengkalis, kami sampaikan ucapan terima kasih atas dedikasinya membangun NKRI. Dengan ini, TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis resmi ditutup,” ringkas Danrem disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh tamu undangan.

Baca Juga:  Meninggal Medadak saat Kerja, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan ke Ahli Waris Honorer

Usai penutupan acara itu, Dandim 0303/Bengkalis saat ditemui tampak sumringah. Ia lega, seluruh rangkaian kegiatan fisik maupun non-fisik telah selesai 100 persen (%) dan telah ditinjau oleh tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI yqng diketuai Brigjen TNI Junaedi, S.AP beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, semua pekerjaan fisik meliputi peningkatan jalan (Base B) Kelompok Tani Banjaran, Semenisasi jalan Sekolah, dan dua unit Box Culvert di jalan Acehan dan Air Hitam telah rampung dan dinyatakan berbobot 100%. Seraya itu, kegiatan non fisik berupa pelayanan kesehatan, sosial-kependudukan dan ragam penyuluhan juga telah dilaksanakan dengan baik serta mendapat respon baik dari masyarakat,” kata Letkol Endik.

Sebelum dinyataka selesai 100%, kata Endik, pihaknya telah pula meninjau hasil akhir seluruh sasaran fisik dan mengulas balik seluruh data giat non-fisik. Hasilnya, seluruh kegiatan dalam balutan TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis dinyatakan selesai 100%.

Keberhasilan tim Satuan Tugas (Satgas) TMMD dalam menyelesaikan seluruh kegiatan dinilai Endik tak luput dari peran serta masyarakat. Karena keikutsertaan masyarakat menyemarakkan kemanunggalan TNI di Desa Muara Basung dan Semunai, Kecamatan Pinggir, terwujudlan kesuksesan TMMD ke-113 yang dilaksanakan oleh jajaran Komando Distrik Militer 0303 Bengkalis.

“Kesuksesan program ini yang dimulai dari tahap Pra, Pembukaan, Pelaksanaan sampai dengan Penutupan tak lepas dari peran serta masyarakat, perangkat RT/RW, Dusun dan Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Insan Pers. Untuk itu kami sampaikan salam dan hormat tertinggi, terima kasih sudah ikut membantu dan mensukseskan program TMMD ke-113,” ungkap Dandim.

Baca Juga:  Rudi Pastikan Pemko Batam Terus Komitmen Tingkatkan Pelayanan dan Pembangunan

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Bagus Santoso turut mengapresiasi kesuksesan program TMMD yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0303 Bengkalis. “Mengingat dampak baik dari pelaksanaan TMMD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mengucap terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada jajaran Kodim 0303 Bengkalis, Korem 031 Wira Bima dan Kodam I/Bukit Barisan. Program TMMD yang telah selesai dilaksanakan dinilai baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, kami ucapkan terima kasih,” ungkap Kasmarni.

Dengan ditutupnya program TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis, maka berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan oleh Satgas dan masyarakat. Singkat Kades Muara Basung, Akhyar Mukmin berpesan, semoga TNI selalu jaya dan selalu mempertahankan eksistensi kemanunggalannya di tengah masyarakat.

“Pemerintah Desa Muara Basung mengucapkan terima kasih, program yang dilaksanakan sangat bermanfaat dan membantu masyarakat. Kami senang, masyarakat bahagia. Kami akan jaga produk fisik TMMD bengkalis agar masa pakainya awet dalam mendukung geliat perekonomian masyarakat. Sekali lagi, terima kasih TNI, terima kasih Kodim 0303 Bengkalis. Semoga jaya selalu,” tukas Akhyar. (Bres)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY