BERBAGI
Ratusan umat Hindu di Batam melakukan upacara Melasti di waduk Sei Ladi, Sabtu (26/3/2017).

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Ratusan umat Hindu di Batam melakukan upacara Melasti di waduk Sei Ladi, Sabtu (26/3/2017). Acara ritual penyucian ini digelar dengan khidmat. Prosesi dimulai dengan iring-iringan sesajen dari Pura Mitra Batam menuju Danau Sei Ladi.

Dimulai pukul 17.00 WIB, upacara Melasti yang merupakan ritual menjelang Hari Raya Nyepi ini diisi dengan kegiatan memandikan benda pusaka.

“Upacara ini bermakna pembersihan diri manusia dan alam semesta, baik lahir maupun batin,” kata I Wayan Jasmin selaku Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kepri.

Sesampai di waduk Sei Ladi ratusan umat hindu langsung memulai ritual Melasti dengan berdoa dan membakar dupa di tempat pemujaan yang sudah di siapkan panitia.

Baca Juga:  Februari ini "Si Tol Laut" Resmi Beroperasi di Bintan. Ini Mamfaatnya

Prosesi melasti pun berlangsung sakral, terlihat dari raut wajah ratusan umat hindu yang tampak serius selama prosesi berlangsung.

Beberapa ubarampe seperti buah-buahan terlihat terpajang di meja persembahan melasti. Selain ubarampe, ada juga barong yang dibawa dalam proses melasti.

Tepat pukul 1830 WIB, proses pengambilan air suci pun dilakukan sekaligus menjadi penutup acara Melasti.(*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY