BERBAGI
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan permintaan DPRD Kota Batam, agar Puskesmas (pusat layanan kesehatan masyarakat) dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BULD), akan dikaji ulang.

Menurutnya, Puskesmas di Batam dijadikan BLUD kemungkinan bisa saja. Namun ingkup pekerjaannya seperti apa. Jika hanya mendapatkan beberapa rupiah saja tidak lebih baik akan dikaji ulang, dan bahas ulang dari internal. Apabila ada potensi yang lebih besar dan bisa dikelola secara langsung baru bisa saja akomodir.

“Tetapi kalau lebih baik sebagai OPT dinas kesehatan. Saya pikir hanya mengambil orang berobat saja disitu. Dampaknya pejabatnya tidak pakai selundring, tata keuangannya bisa dipakai secara langsung, misalnya kalau habis obat bisa langsung dibeli. Kemudian pejabatnya sendiri adalah direkturnya. Hanya lingkup pekerjaannya seperti apa,” kata Amsakar.

Amsakar menyebutkan sebenarnya BLUD ini sebuah lembaga yang diberikan kewenangan oleh pemerintah untuk melakukan tata kelola sendiri, membuat rencana bisnis anggarannya sendiri, menggunakan anggarannya sendiri, tetapi dibuat kedalam pertanggungjawaban. Jadi kasnya harus masuk kedalam khas daerah.

“BLUD ini konkretnya lebih ke pengelolaan dana bergulir,” jelasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY