BERBAGI
Tangkapan Ikan Nelayan | Foto ilustrasi

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mendorong masuknya ikan di pasaran dalam volume yang lebih tinggi dari biasanya untuk mensuplai kebutuhan protein masyarakat.

Ini ditegaskan, karena harga daging di pasaran masih sulit diturunkan. Untuk itu, ikan harus menjadi alternatif bagi konsumen bila tidak mampu membeli daging

Innes Rahmania Direktur Akses Pasar dan Promosi KKP mengatakan, untuk bulan Juni-Juli 2016 ini, KKP menyiapkan 2 juta ton stok ikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.

“Stok tersebut naik sekitar 10 persen hingga 20 persen dari kebutuhan normal,” katanya.

Dia optimis, stok ikan selama bulan Ramadhan dan Lebaran nanti sudah tercukupi sehingga masyarakat tidak kekurangan protein.

“Stok yang banyak ini juga untuk mengantisipasi kenaikan harga ikan sekitar 10 persen  jelang lebaran,” ujarnya, Jumat (24/6/2016).

Innes menjelaskan, dalam rangka mendorong konsumsi ikan dan memperkenalkan ikan sebagai komoditas alternatif pengganti daging sapi, KKP rutin mengikuti operasi pasar yang dilakukan sejumlah BUMN di seluruh Indonesia.

KKP juga mendorong UMKM perikanan untuk rutin ikut sejumlah bazar yang dilakukan pemerintah sehingga masyarakat mudah mendapatkan ikan dengan harga murah.

 

Penulis : Natalie

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY